Senin 07 Aug 2023 02:22 WIB

Penjelasan Allah tentang Larangan Mencampuri Urusan Orang Lain

Allah menganjurkan makhluknya untuk berbuat kebaikan, tak campuri urusan orang lain.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi mengangkat dan mengagungkan Alquran sebagai firman Allah.
Foto: EPA-EFE/SHAHZAIB AKBER
Ilustrasi mengangkat dan mengagungkan Alquran sebagai firman Allah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap orang punya urusannya masing-masing. Janganlah kita mengurusi urusan tersebut. Kita lebih baik fokus kepada urusan kita. 

Nasihat semacam itu ternyata bukan sekadar berasal dari manusia, tapi Allah. Islam mengajarkan untuk tidak ikut campur dalam urusan orang lain. Sejatinya ini hanyalah perbuatan yang buang-buang waktu dan tidak bermanfaat. Bahkan hanya berakhir pada dosa.

Baca Juga

Ikut campur urusan orang lain dalam konteks ini adalah ikut campur yang memicu penyakit hati atau mengakibatkan dosa. Dalam konteks ini, sifat ingin tahu atau ikut campur urusan orang lain hanya menghasilkan prasangka dan mengarah pada perbuatan menggunjing yang dilarang dalam Islam.

Perintah tidak ikut campur urusan orang lain ini termaktub dalam beberapa ayat suci Alquran. Berikut ini ayat-ayat dalam Alquran tentang larangan ikut campur urusan orang lain.

1. Surat An Nisa ayat 114

Ayat pertama, ialah firman Allah alam Surat An Nisa ayat 114, sebagaimana berikut ini:

۞ لَا خَيْرَ فِيْ كَثِيْرٍ مِّنْ نَّجْوٰىهُمْ اِلَّا مَنْ اَمَرَ بِصَدَقَةٍ اَوْ مَعْرُوْفٍ اَوْ اِصْلَاحٍۢ بَيْنَ النَّاسِۗ وَمَنْ يَّفْعَلْ ذٰلِكَ ابْتِغَاۤءَ مَرْضَاتِ اللّٰهِ فَسَوْفَ نُؤْتِيْهِ اَجْرًا عَظِيْمًا

"Tidak ada kebaikan dari banyak pembicaraan rahasia mereka, kecuali pembicaraan rahasia dari orang yang menyuruh (orang) bersedekah, atau berbuat kebaikan, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Barangsiapa berbuat demikian karena mencari keridaan Allah, maka kelak Kami akan memberinya pahala yang besar." (QS An Nisa ayat 114)

Ayat tersebut menekankan larangan membicarakan segala hal keburukan yang ada dalam diri orang lain. Mengapa demikian? Karena justru akan menciptakan rasa benci dan dendam di antara mereka.

Selain itu ada tiga surah lainnya dalam Alquran...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement