Senin 07 Aug 2023 04:58 WIB

3 Resep Rahasia dari Ulama Agar Istri Melahirkan dengan Mudah

Doa dan zikir menjadi jalan untuk memudahkan proses melahirkan bayi.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi proses persalinan.
Foto: istimewa
Ilustrasi proses persalinan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ulama dahulu telah mengajarkan tentang bagaimana istri melahirkan dengan mudah dan lancar. Ada beberapa ayat-ayat pilihan dalam Alquran yang bisa dibacakan kepada para istri yang hendak melahirkan proses persalinan berlangsung tanpa hambatan.

Pilihan ayat tersebut memang tidak diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, tetapi oleh para ulama atau orang-orang shaleh terdahulu berdasarkan pengalaman. Hal ini sebagaimana penuturan Imam As-Suyuti, yang menyebut ayat-ayat pilihan ini bersumber dari pengalaman orang-orang shaleh dahulu.

Baca Juga

Allah SWT berfirman, "Dan kami akan menurunkan dari Alquran yang menyembuhkan dan rahmat bagi orang-orang beriman." (QS Al-Isra ayat 82)

Ada tiga resep pilihan dari para ulama yang bisa dilakukan oleh suami yang istrinya sedang hamil atau ketika sudah masuk dalam proses persalinan. Berikut ini tiga bacaan beserta metode penerapannya agar proses persalinan berjalan lancar dan mudah, dilansir laman Mawdoo.

1. Surat An Naziat ayat 46 dan Al Ahqaf ayat 35

Tiga ayat suci Alquran ini didasarkan pada riwayat Al-Baihaqi dari jalur Abdullah bin Abbas. Dalam riwayat ini, Ibnu Abbas menjelaskan, apabila ada wanita yang kesulitan dalam persalinan, maka tulis ayat tersebut di kertas, masukkan ke air, kemudian sirami ke wanita itu.

Kata-kata yang dituliskan dalam kertas itu ialah bacaan "Laa Ilaha Illallah Al Halimul Karim Subhanallahi Rabbil 'Arsyil 'Azhim Al Hamdulillahi Rabbil 'Alamin". Kemudian bacalah Surat An Naziat ayat 46, kemudian lanjutkan dengan membaca Al-Ahqaf ayat 35.

2. Surat Al Insyiqaq ayat 1-4

Ayat selanjutnya yang dapat dibacakan adalah Surat Al-Insyiqaq Ayat 1-4. Ibnu Al Qayyim dalam kitab Thibbun Nabawi, menjelaskan, Abdullah bin Abbas menulis Surat Al-Insyiqaq ayat 1-4 di dalam sebuah wadah yang bersih. Kemudian air di dalam wadah diminum oleh wanita yang sedang hamil, dipercikkan ke perutnya.

3. Surat Ar-Ra'd Ayat 8, An-Nahl Ayat 78, Fathir Ayat 11, Al-Insyiqaq Ayat 1-4 dan An Naziat Ayat 46.

Ibnu Al Qayyim menjelaskan, ayat-ayat tersebut adalah beberapa ayat yang memberi manfaat kepada banyak wanita pada saat menjelang persalinan. Adapun caranya, yakni dengan menyediakan satu liter air, atau lebih baik disertai air Zamzam, lalu tambahkan sedikit kunyit dan air mawar.

Semuanya dicampurkan, kemudian disaring. Ayat-ayat tersebut dibacakan sekali, atau tiga kali atau tujuh kali, ke air tersebut, dengan maksud untuk memudahkan persalinan. Ketika ibu hamil merintih kesakitan dalam proses persalinan, minum air itu. Dan jika ada sisa air, maka percikkan air itu ke perutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement