Sabtu 05 Aug 2023 21:57 WIB

Sunnah Saling Utarakan Rasa Cinta Sesama Muslim, Begini Redaksinya

Rasulullah SAW mengajarkan untuk mengutarakan rasa cinta

Rep: Rossi Handayani / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi sunnah utarakan saling mencintai. Rasulullah SAW mengajarkan untuk mengutarakan rasa cinta
Foto: Republika/Musiron
Ilustrasi sunnah utarakan saling mencintai. Rasulullah SAW mengajarkan untuk mengutarakan rasa cinta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Muslim dengan Muslim lainnya adalah bersaudara, dan ketika dia mencintainya maka sampaikan lah melalui lisan. Hal ini juga yang dicontohkan Nabi yang Mulia Muhammad ﷺ.

Seperti dikutip dari Kumpulan Tanya Jawab dan Bimbingan Islam dijawab oleh Ustadz Fadly Gugul S Ag, yang dilakukan ketika seorang senang dan cinta (karena Allah) kepada orang lain (bukan lawan jenis) adalah mengabarkannya (lewat lisan).

Baca Juga

Dahulu sahabat yang mulia Habib menjumpai Miqdam ibnu Ma'di Kariba radhiallahu 'anhuma, Dia berkata, “Rasulullahi Shallallahu 'alaihi wasallam pernah bersabda : 

إذا أحب أحدكم أخاه فليعلمه أنه أحبه “Jika salah seorang di antara kalian mencintai saudaranya hendaklah dia memberitahu saudaranya itu bahwa dia mencintainya.” (HR Bukhari dalam Adab Al-Mufrad no 421/542). Dari Mujahid (tabiin) rahimahullah, beliau menuturkan : 

“Ada salah seorang sahabat Rasul sahallallahu alaihi wasallam bertemu denganku lalu ia memegang pundakku dari belakang dan berkata : 

أما إني أحبك “Sungguh saya mencintaimu." 

Dia lalu berkata: أحبك الله الذي احببتني له “Semoga Allah yang membuatmu mencintaiku turut mencintaimu.” Dia berkata, “Sekiranya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak bersabda : “Jika seorang pria mencintai saudaranya hendaklah dia memberitahu bahwa dia mencintainya”, maka tentulah ucapanku tadi tidak kuberitahukan kepadamu." (lihat kisahnya dalam Adab al-Mufrad 422/543 HR Bukhari)

Baca juga: Alquran Bukan Kalam Allah SWT Menurut Panji Gumilang, Ini Bantahan Tegas Prof Quraish

Inilah ajaran Islam yang mengajarkan untuk saling mencintai. Ketika kita mencintai saudara kita karena Allah, maka ungkapkanlah cinta tersebut dengan mengatakan, “Inni uhibbuk" atau “Inni uhibbuk fillah". 

Lalu ketika saudaranya mendengar, maka balaslah dengan mengucapkan “ahabbakallahu alladzi ahbabtani lahu” (Semoga Allah turut mencintaimu sebagaimana engkau telah mencintaiku karena-Nya).   

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement