Sabtu 05 Aug 2023 21:30 WIB

Apa Tujuan Allah SWT Turunkan Alquran untuk Umat Manusia?

Allah SWT menurunkan Alquran sebagai petunjuk umat manusia

Rep: Rossi Handayani / Red: Nashih Nashrullah
Seorang anak membaca Alquran. Ilustrasi Muslim. Ilustrasi anak Muslim. Allah SWT menurunkan Alquran sebagai petunjuk umat manusia
Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Seorang anak membaca Alquran. Ilustrasi Muslim. Ilustrasi anak Muslim. Allah SWT menurunkan Alquran sebagai petunjuk umat manusia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Allah Subhanahu wa Ta'ala telah telah memberikan mukjizat melalui turunnya kitab suci Alquran. Dan untuk apa Allah Ta'ala menurunkan Alquran? 

Seperti dikutip buku Inilah Akidahmu oleh Syekh Muhammad Jamil Zainu, Allah SWT menurunkan Alquran agar kita mengamalkannya. Allah Ta’ala berfirman yang artinya, 

Baca Juga

 اِتَّبِعُوْا مَآ اُنْزِلَ اِلَيْكُمْ مِّنْ رَّبِّكُمْ  “Ikutilah apa yang telah diturunkan kepada kalian dari Rabb kalian.” (QS Al-A’raf ayat tiga).  Dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:  

 اِقْرَؤُوْا الْقُرْانَ,وَلاَ تَأْكُلُوا بِهِ “Bacalah Alquran, beramallah dengannya, dan janganlah kalian mencari makan dengannya.” (Sahih riwayat Ahmad) 

Di samping itu, Kaum Muslimin juga memutuskan perkara dengan Alquran dan hadits. Allah ta’ala berfirman yang artinya, 

  وَاَنِ احْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ “Dan hendaklah engkau putuskan perkara di antara mereka menurut apa yang Allah turunkan.” (QS Al-Maidah ayat 49).   Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: 

 عالمَ الغيب والشهادة، أنت تحكم بين عبادك فيما كانوا فيه يختلفون “Allah mahamengetahui yang gaib dan yang tampak, Engkau memutuskan perkara di antara hamba-hamba-Mu.” (HR Muslim)

Umat islam diperintahkan untuk berpegang teguh pada Alquran agar mereka tidak akan tersesat selama-lamanya.

Baca juga: Alquran Bukan Kalam Allah SWT Menurut Panji Gumilang, Ini Bantahan Tegas Prof Quraish

Seperti dikutip dari buku 40 Hadits Keutamaan Alquran oleh Syekh Abu Muhammad Al-Biqa’i Asy-Syami Al-Atsari berikut hadits perintah untuk berpegang teguh pada Alquran:

 عَنْ أَبِي شُرَيْحٍ الْخُزَاعِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: خَرَجَ عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: أَبْشِرُوا وَأَبْشِرُو! أَلَيْسَ تَشْهَدشْهَدُونَ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَنِّي رَسُولُ اللَّهِ؟ قَالُوا: نَعَمْ، قَالَ: فَإِنَّ هَذَا الْقُرْآنَ سَبَبٌ طَرَفُهُ بِيَدِ اللَّهِ وَطَرَفُهُ بِأَيْدِيكُمْ، فَتَمَسَّكُوا بِهِ، فَإِنَّكُمْ لَنْ تَضِلُّوا وَلَنْ  تَهْلِكُوا بَعْدَهُ أَبَدًا

Dari Abu Syuraih Al-Khuza’i radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar menemui kami lalu bersabda, “Bergembiralah dan bergembiralah kalian! Bukankah kalian bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah?” Mereka menjawab, “Ya.”

Beliau bersabda, “Sesungguhnya Alquran ini ujungnya terhubung di tangan Allah dan ujung yang lain terhubung di tangan kalian, maka pegang teguhlah ia, karena kalian tidak akan tersesat dan binasa setelah itu selamanya.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement