Sabtu 05 Aug 2023 05:48 WIB

Doa Memohon Perlindungan dari Penyakit Berat 

Berbagai macam penyakit dapat menyerang tubuh manusia.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
 Doa Memohon Perlindungan dari Penyakit Berat. Foto: Ilustrasi Berdoa.
Foto: Pixabay
Doa Memohon Perlindungan dari Penyakit Berat. Foto: Ilustrasi Berdoa.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Saat ini berbagai macam penyakit dapat menyerang tubuh manusia. Ketika penyakit berat melanda, hal ini akan lebih menyulitkan seseorang untuk beraktivitas. Untuk itu muslim dapat memohon perlindungan kepada Allah ﷻ agar dihindari dari penyakit berat.

Anas bin Malik radhiyallahu anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah ﷺ biasa berdoa (HR. Ahmad (13004) dan Abu Daud (1554). :

Baca Juga

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ، والجُنُونِ، والجُذَامِ، وَسَيِّئِ الأسْقَامِ

“Allaahumma innii a`udzu bika mina-l barashi wa-l junuuni wa-l judzaami wa min sayyi-il asqaami.”

 

(Ya Allah! Aku berlindung kepada Engkau dari penyakit Albinisme, kegilaan, kusta/lepra, dan penyakit-penyakit buruk lainnya.)

Dikutip dari buku Syarah Doa-Doa Pilihan Terbaik oleh Abdurrazzaq bin Abdulmuhsin Al-Badr dengan penerjemah Muhammad Afif Naufaldi bin Ali, Hadits ini menerangkan bahwa Rasulullah ﷺ memohon perlindungan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dari empat hal, yaitu: al-barash, al-junuun, al-judzaam, dan sayyi-ul asqaam. Disunahkan untuk memohon perlindungan dari empat hal ini, sebagai bentuk pengikutan terhadap Nabi ﷺ. 

Sunah ini juga faktor yang sangat penting dalam menolak bala, doa di hadapan bala bagaikan tameng besi yang melindungi seseorang dari hujanan anak panah. Doa adalah faktor yang dapat menolak bala dan mendatangkan rahmat dan keselamatan, seperti tameng besi yang merupakan faktor yang dapat mementahkan hujanan anak panah, dan seperti air yang merupakan faktor tumbuhnya tanaman.

 

 

 

 

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement