Rabu 02 Aug 2023 02:05 WIB

Ayat Alquran Terkait Sains Menjawab Kapan Kehidupan Ada di Bumi

Surat Al-Anbiya' Ayat 30 menceritakan komponen makhluk hidup berasal dari air.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Pemandangan matahari terbit di Koege, Denmark, Selasa dini hari, 23 Februari 2021. Awan dengan debu dari gurun Sahara diperkirakan akan melewati Denmark hari ini.
Foto:

Teori Asal Muasal Kehidupan di Bumi

Teori abiogenesis adalah satu teori yang biasa dipakai dalam mengungkap permulaan kehidupan di bumi. Teori ini menyatakan kehidupan berawal dari agregat-agregat materi non-hidup.

Bumi diperkirakan sudah berumur 4,6 miliar tahun. Selama 0,7 miliar pertama dari saat pembentukannya, bumi yang baru ini dihujani oleh material benda langit dari angkasa luar, seperti komet dan objek-objek sebesar asteriod.

Energi yang dilepaskan dari tabrakan ini diperkirakan cukup untuk menimbulkan panas yang mampu menguapkan lautan yang baru terbentuk serta membunuh semua makhluk hidup yang mulai muncul di daratan.

Pada awal terbentuknya, kondisi atmosfer bumi belum sempurna, sehingga menimbulkan kondisi yang memungkinkan terbentuknya polimer organik yang terbentuk dari pertemuan monomer organik yang berasal dari daratan dan luar angkasa.

Teori lain yang masih diteliti sampai saat ini mengindikasikan kehidupan di bumi dimulai jauh di dasar laut. Menurut teori ini, awal kehidupan terjadi di celah atau ventilasi magma di sekitar kawah gunung berapi bawah laut, yang dikenal dengan nama hidrotermal (hydrothermal).

Walaupun berada di tempat yang sangat gelap...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement