Senin 31 Jul 2023 19:05 WIB

Mata Orang yang Baru Meninggal Umumnya Terbuka, Apa yang Dilihat?

Imam Qurthubi menukil sejumlah riwayat yang menjelaskan tentang apa yang terjadi.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Warga berdoa  saat ziarah kubur di TPU Pondok Rajeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (1/4/2022). Menjelang bulan suci Ramadhan umat muslim melakukan ziarah kubur mendoakan sanak keluarga dan kerabat yang sudah wafat.
Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Warga berdoa saat ziarah kubur di TPU Pondok Rajeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (1/4/2022). Menjelang bulan suci Ramadhan umat muslim melakukan ziarah kubur mendoakan sanak keluarga dan kerabat yang sudah wafat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perhatikanlah kondisi orang yang baru saja meninggal dunia. Maka, kebanyakan matanya terbuka seperti memandangi satu hal.

Apa yang menyebabkannya? Apa yang sebenarnya terjadi dengan pandangan orang baru meninggal?

Baca Juga

Imam Qurthubi dalam kitab at Tadzkirah terbitan Maktabah Darul Minhaj halaman 267-268 menukil sejumlah riwayat yang menjelaskan tentang apa yang terjadi pada pandangan orang yang baru saja meninggal dunia.

Dalam hadits riwayat Ummu Salamah, Rasulullah SAW menjelaskan tentang mata orang yang meninggal memandangi ke arah perginya roh.

عن أم سلمة قالت: دخل رسول الله ﷺ على أبي سلمة وقد شق بصره فأغمضه ثم قال: إن الروح إذا قبض تبعه البصر . أخرجه مسلم و ابن ماجه

Dari Ummu Salamah, dia berkata: (Ketika Abu Salamah meninggal) Rasulullah datang kepada Abu Salamah, dan beliau mendapati mata Abu Salamah masih terbuka. Maka Rasulullah menutup mata Abu Salamah sambil berkata: Apabila roh telah keluar dari jasad maka pandangan mata orang yang meninggal tersebut akan mengikutinya (arah perginya roh) (HR Muslim dan Ibnu Majah)

Begitu juga dalam riwayat lainnya:

وروى مسلم ، عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله ﷺ : ألم تروا الإنسان إذا مات شخص بصره ؟ قالوا: بلى ، قال : فذلك حين يتبع بصره نفسه.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, dia berkata: Rasulullah SAW bersabda: Tidakkah engkau memperhatikan seseorang ketika mati, maka matanya akan terus terbuka? Sahabat menjawab: Betul wahai Rasulullah. Rasulullah SAW berkata: maka itu karena mayat memperhatikan perginya roh itu. (HR. Muslim).

Dalam riwayat yang berbeda disebutkan bahwa orang yang baru meninggal pandangannya melihat mi'raj yakni semacam tangga penghubung antara langit dan bumi.

في غير الصحيح : عن النبي ﷺ : إن الميت أول ما يشق بصره لرؤية المعراج ، وهو سلم بين السماء والأرض من زمردة خضراء أحسن ما رءى قط ، فذلك حين يمد بصره إليه.

Diriwayatkan dalam hadits sahih lainnya: Nabi bersabda:  bahwa perkara pertama bagi mayit terbuka matanya sebab melihat mi'raj yakni penyambung antara langit dan bumi yang terbuat dari zamrud hijau yang paling indah yang pernah dilihat, saat itulah yang membuat mata memandang padanya. Wallahu'alam

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement