Sabtu 29 Jul 2023 19:00 WIB

Jangan Anggap Remeh, Ini Keutamaan Sholat Sunnah Rawatib

Ada banyak keutamaan dalam menunaikan sholat sunnah rawatib.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Sholat sunnah rawatib (ilustrasi).
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Sholat sunnah rawatib (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sholat sunnah rawatib jangan dianggap remeh. Ada banyak keutamaan dalam menunaikan sholat sunnah tersebut. Bahkan seorang Muslim yang rajin mengerjakannya akan dilimpahkan karunia yang besar dari Allah SWT.

Anggota Komite Tertinggi untuk Dakwah pada Al-Azhar Kairo Mesir, Syekh Dr Ramadhan Abdul Razak menjelaskan, sebaiknya seorang Muslim mengamalkan amalan sederhana tapi ampuh membawanya ke surga dan dibuatkan istana untuknya.

Baca Juga

Diriwayatkan dari Ummu Habibah, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ أُمِّ حَبِيبَةَ أُمِّ المُؤْمِنِينَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: «مَنْ صَلَّى اثْنَتَيْ عَشَرَةَ رَكْعَةً فِي يَومٍ وَلَيْلَةٍ بُنِيَ لَهُ بِهِنَّ بَيْتٌ فِي الْجَنَّةِ». رَوَاهُ مُسْلِمٌ.

"Siapa dalam sehari semalam melaksanakan shalat sunnah dua belas rakaat karena (mengharap ridha) Allah, maka Allah akan membangunkan baginya rumah di surga." (HR Muslim).

Dalam riwayat lain, dijelaskan apa saja 12 rakaat itu, "Yakni empat rakaat sebelum zhuhur, dua rakaat setelahnya, dua rakaat setelah Maghrib, dua rakaat setelah Isya dan dua rakaat sebelum Subuh." (HR Tirmidzi)

Selain itu, sholat sunnah rawatib akan bisa menjadi penyelamat ketika kita banyak kekurangan dalam mengerjakan ibadah sholat fardhu. Hal ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – ، قَالَ : قاَلَ رَسُولُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – :  إنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلاَتُهُ ، فَإنْ صَلُحَتْ ، فَقَدْ أفْلَحَ وأَنْجَحَ ، وَإنْ فَسَدَتْ ، فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ ، فَإِنِ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيضَتِهِ شَيْءٌ ، قَالَ الرَّبُ – عَزَّ وَجَلَّ – : اُنْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ ، فَيُكَمَّلُ مِنْهَا مَا انْتَقَصَ مِنَ الفَرِيضَةِ ؟ ثُمَّ تَكُونُ سَائِرُ أعْمَالِهِ عَلَى هَذَا

"Sesungguhnya amal manusia yang pertama kali akan dihisab kelak pada hari kiamat adalah sholatnya. Apabila sholatnya baik, maka dia beruntung dan berhasil. Sedangkan apabila sholatnya rusak, maka ia gagal dan merugi.

Apabila ada sedikit kekurangan darinya, maka Allah berfirman, "Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki sholat sunnah." Dan bila dia memiliki sholat sunnah maka Allah berfirman, "Sempurnakanlah kekurangan pada sholat wajibnya dengan sholat sunnahnya." Demikian semua ibadah akan menjalani proses yang serupa." (HR Tirmidzi)

Karena itu, sholat sunnah rawatib jangan sampai dianggap remeh dan harus dijaga dengan melaksanakannya. Sebab sholat sunnah rawatib bisa untuk menutup kekurangan yang ada dalam sholat fardhu. Dan bukan mustahil, akan menjadi penyelamat kita semua di hari akhir.

Sumber

https://www.elbalad.news/5228544

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement