Kamis 27 Jul 2023 00:02 WIB

Niat Puasa Tasua 9 Muharram

Puasa Tasua dilaksanakan pada 9 Muharram.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
 Niat Puasa Tasua 9 Muharram. Foto: Ilustrasi ibadah.
Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika
Niat Puasa Tasua 9 Muharram. Foto: Ilustrasi ibadah.

REPUBLIKA.CO.ID,MADINAH -- Puasa tasua adalah salah satu amalan ibadah sunnah pada bulan Muharram. Dikerjakan pada tanggal 9 Muharram, puasa Tasua menjadi puasa sunnah pendahulu sebelum puasa Asyura pada 10 Muharram.

Sebagaimana amalan ibadah lainnya, ibadah ini diawali dengan niat. Berikut bacaan niatnya:

Baca Juga

Niat Puasa Tasua

نَوَيْتُ صَوْمَ تَسُعَ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma tasu’a sunnatan lillahi tas’ala

Artinya: “Saya niat puasa Tasu’a sunnah karena Allah ta’ala

Adapun landasan mengerjakan amalan ini berdasarkan hadits Nabi. Suatu hari, Rasulullah SAW memerintahkan para sahabat berpuasa di hari Asyura pada 10 Muharr. Namun, sahabat menjawab hari itu bertepatan dengan hari agung milik kaum Nasrani dan Yahudi.

Mendengar hal itu, Rasulullah SAW bersabda, sebagaimana dikutip dari kitab Riyadhus Sholihin: "Dari Ibnu Abbas Ra. berkata, Rasulullah SAW bersabda, 'Seandainya aku masih hidup hingga tahun yang akan datang, niscaya aku akan berpuasa pada tanggal sembilan Muharram, yakni puasa Tasu'a." (HR. Muslim).

Tujuan dari puasa Tasu'a itu adalah untuk menyelisihi puasa di hari Asyura yang dilakukan oleh orang Yahudi. Namun, belum sampai datang tahun berikutnya, Rasulullah SAW sudah menghadap ajalnya. Karena itulah, dua hari itu pada hari kesembilan dan kesepuluh termasuk di antara hari yang ditekankan berpuasa di bulan Muharram.

photo
Infografis Amalan di Bulan Muharram - (Dok Republika)

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement