Jumat 21 Jul 2023 15:30 WIB

9 Hadits tentang Larangan Mengonsumsi Produk tidak Halal

Allah menyukai sesuatu yang baik (tayyib) dan halal.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Petugas melayani pelaku usaha yang mengajukan permohonan sertifikasi halal di Rangkasbitung, Lebak, Banten, Sabtu (18/3/2023). Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama menyelenggarakan pendaftaran sertifikasi halal serentak di 1.000 titik di seluruh Indonesia secara “on the spot” bagi para pelaku usaha UMKM guna mewujudkan kampanye wajib sertifikasi halal 2024.
Foto:

Hadits Keempat

Keempat adalah hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas di mana dia berkata:

حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ أَبِي بِشْرٍ عَنْ مَيْمُونِ بْنِ مِهْرَانَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ أَكْلِ كُلِّ ذِي نَابٍ مِنْ السَّبُعِ وَعَنْ كُلِّ ذِي مِخْلَبٍ مِنْ الطَّيْرِ

"Rasulullah SAW melarang mengonsumsi semua binatang buas yang bertaring dan semua burung yang memiliki cakar." (HR Abu Daud)

Hadits Kelima

Hadits kelima berisi tentang larangan mengonsumsi binatang halal tetapi apa yang dimakannya itu sesuatu yang najis (jallalah). Diriwayatkan dari Ibnu Umar RA, dia berkata:

نَهَى رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليهوسلم- عَنْ أَكْلِ الْجَلاَّلَةِ وَأَلْبَانِهَا

"Rasulullah SAW melarang (mengonsumsi) jalalah dan (meminum) susunya." (HR Abu Daud dan Ibnu Majah).

Hadits Keenam

Berikutnya ialah hadits yang mengulas soal hewan-hewan yang diperintahkan dibunuh. Hewan-hewan inilah, termasuk olahannya, yang juga dilarang atau haram dikonsumsi oleh setiap Muslim. Hadits ini diriwayatkan dari Aisyah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

خَمْسٌ فَوَاسِقُ يُقْتَلْنَ فِىالْحَرَمِ الْفَأْرَةُ ، وَالْعَقْرَبُ ، وَالْحُدَيَّا ، وَالْغُرَابُ ،وَالْكَلْبُ الْعَقُورُ (أخرجه البخاري و مسلم)

"Lima hewan pengganggu yang harus dibunuh meski di Tanah Suci, yakni, tikus, kalajengking, burung elang, burung gagak, dan anjing galak." (HR Bukhari dan Muslim)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement