Kamis 13 Jul 2023 05:44 WIB

Delapan Keutamaan Surat Yasin

Surat Yasin memiliki sejumlah keutamaan.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Surat Yasin
Foto: Infografis Republika
Surat Yasin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di dalam kitab suci Alquran, Surat Yasin merupakan surat yang menempati urutan ke-36. Terdapat 83 ayat di dalam surat ini.

Bagi umat Islam, khususnya di Indonesia, ada kebiasaan membaca surat Yasin saat malam Jumat. Ini karena Keutamaan membaca surat Yasin pada malam Jumat telah banyak disampaikan oleh para ulama berdasarkan hadits nabi.

Baca Juga

 

Sedikitnya, ada delapan keutamaan yang dapat disampaikan.

1. Mendapat pahala sebanding dengan membaca Alquran 10 kali

 

Keutamaan surat Yasin yang ketiga adalah mendapatkan pahala besar dari Allah sebanding dengan pahala membaca Alquran sampai khatam sebanyak 10 kali. Hal ini berdasarkan riwayat berikut:

Dari Anas Ra. Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya setiap sesuatu itu ada hatinya (pusatnya), adapun hatinya Alquran adalah surat Yasin, dan barang siapa yang membaca surat Yasin maka Allah akan memberi pahala seperti pahala membaca Alquran 10 kali.” (HR Imam Tirmidzi dan ad-Darimi).

 

2. Dapat mencegah kehausan di Hari Kiamat

Dalam bukunya yang berjudul Rahasia Keutamaan Surat Al-Qur’an terbitan Rene Islam, Muhammad Zaairul Haq menjelaskan salah satu keutamaan mengamalkan surat Yasin secara istiqamah setiap hari adalah mendapatkan karunia tidak akan kehausan kelak di Hari Kiamat.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement