Ahad 09 Jul 2023 14:42 WIB

Doa Berlindung dari Keburukan Perbuatan Amal Sendiri

Doa menenangkan hati setiap Muslim

Rep: Rossi Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi membaca doa.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Ilustrasi membaca doa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang muslim dapat berdoa meminta perlindungan kepada Rabb Semesta Alam dari keburukan perbuatan amalnya sendiri, sebab manusia merupakan makhluk yang lemah. Doa ini telah disampaikan oleh Rasulullah ﷺ sebelumnya.

`Aisyah radhiyallahu 'anha meriwayatkan bahwa Nabi ﷺ biasa berdoa (HR. Muslim) :

Baca Juga

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بكَ مِن شَرِّ ما عَمِلْتُ، وَشَرِّ ما لَمْ أَعْمَلْ.

“Allaahumma innii a`udzu bika min syarri maa `amiltu wa syarri maa lam a`mal.”

 

(Ya Allah! Aku berlindung kepada Engkau dari keburukan perbuatanku, baik yang telah berlalu maupun yang mungkin saja aku lakukan)

Dikutip dari buku Syarah Doa-Doa Pilihan Terbaik oleh Abdurrazzaq bin Abdulmuhsin Al-Badr dengan penerjemah Muhammad Afif Naufaldi bin Ali, Isti`adzah agung ini termasuk isti`adzah ala Nabi ﷺ yang luas cakupannya, mencakup seluruh keburukan, baik yang telah ia lakukan di masa lalu, ataupun yang belum atau mungkin saja ia lakukan di masa depan.

Asy-Syaukani rahimahullah menjelaskan :

“Nabi ﷺ ber-isti`adzah dari keburukan perbuatan yang telah beliau lakukan dan yang akan beliau lakukan. Dalam riwayat lainnya disebutkan bahwa beliau ﷺ juga ber-isti`adzah dari keburukan yang beliau ketahui ataupun tidak. Ini semua adalah semata pengajaran dan teladan bagi umat; karena sebenarnya seluruh perbuatan Rasulullah ﷺ adalah kebaikan, baik yang telah lalu maupun yang akan datang; dan sebenarnya Allah telah menjaga beliau ﷺ dari seluruh keburukan yang beliau ketahui ataupun tidak.”

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement