Jumat 07 Jul 2023 22:17 WIB

Doa Jenguk Bayi Lahir dan Apa Bacaan Balasannya yang Dianjurkan?

Doa menjenguk bayi sebagai bentuk ucapan syukur.

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Dua orang ibu menggendong bayi (ilustrasi). Doa menjenguk bayi sebagai bentuk ucapan syukur
Foto: ANTARA/Feny Selly
Dua orang ibu menggendong bayi (ilustrasi). Doa menjenguk bayi sebagai bentuk ucapan syukur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Menjenguk bayi baru lahir merupakan salah satu amal saleh. Perbuatan itu akan mendatangkan kebahagiaan bagi pasangan suami istri yang baru memiliki anak.

Apalagi bila seseorang datang menjenguk bayi yang baru lahir dengan membawa hadiah, maka hal tersebut tentu akan menambah bahagian dan kegembiraan terutama bagi keluarga bayi tersebut.  

Baca Juga

Namun yang terpenting ketika menjenguk bayi adalah mendoakan bayi tersebut agar menjadi anak yang bertakwa, taat, saleh, serta mendapatkan keberkahan dan selamat dunia dan akhirat.

Berikut doa yang dapat dibaca ketika menjenguk bayi yang baru lahir sebagaimana dapat ditemukan dalam al-Adzkar al-Muntakhabah min Kalaami Sayyid al Abrar karya Syekh Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al Nawawi al Dimasyqi:

 

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ فِي الـمَوْهُوبِ لَكَ، وَشَكَرْتَ الوَاهِبَ، وبَلَغَ أشُدَّهُ، وَرُزِقْتَ بِرَّهُ

Barakallahu laka fil mauhubi laka wasyakarta al-wahiba wa balagha asyuddahu wa ruziqta birrahu

Artinya: "Keberkahan bagimu atas apa yang telah dianugerahkan padamu. Kau bersyukur pada Sang Pemberi, telah sampai pada kesenangan dari-Nya, dan (semoga) diberikan rizki atas kebaikan-Nya." 

Doa balasan: 

Sementara itu bagi orang tua bayi yang baru lahir ketika ada orang yang datang menjenguk dan mendoakan bayinya maka dianjurkan untuk membalas doa tersebut. 

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَزَاكَ اللهُ خَيْرًا وَرَزَقَكَ اللهُ مِثْلَهُ أَوْ أَجْزَلَ  ثوابك

Barakallahu laka wa baraka 'alaika wa jazakallahu khairan wa razaqakallahu mitslahu au ajzalallahu tsawabaka

Artinya: "Semoga engkau diberkahi Allah, semoga keberkahan Allah tercurah atas dirimu, semoga Allah membalas kebaikan bagimu, semoga Allah memberikan rezeki yang sama padamu atau Allah menyegerakan pahala bagimu."

Keutamaan doa 

Keutamaan membaca doa-doa harian, yakni sesungguhnya dengan berdoa, Allah SWT dapat menghapuskan kesulitan, memberikan kemudahan, dan meluaskan hati orang-orang yang beriman.

Baca juga: Jalan Hidayah Mualaf Yusuf tak Terduga, Menjatuhkan Buku Biografi Rasulullah SAW di Toko

Tak hanya itu, doa juga merupakan ibadah sebagaimana yang pernah disampaikan Rasulullah SAW. Nabi Muhammad SAW bersabda: 

إِنَّ اَلدُّعَاءَ هُوَ اَلْعِبَادَةُ  "Doa itu adalah ibadah."

Bahkan Allah SWT berfirman dalam Alquran Surat Ghafir ayat 60: 

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Yang artinya, "Dan Tuhanmu berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina." 

Selain itu, keutamaan lainnya dari membaca doa adalah sebagaimana yang disampaikan Rasulullah SAW sebagai berikut:  

لَيْسَ شَيْءٌ أَكْرَمَ عَلَى اَللَّهِ مِنَ الدُّعَاءِ Yang artinya, "Tiada yang lebih mulia di hadapan Allah selain doa" (HR Ibn Hibban dan al-Hakim).

Dalam riwayat lain disebutkan bahwa Allah SWT akan menutup aib orang yang rajin berdoa. Rasululullah SAW bersabda: 

 من سره أن يستجيب الله له عند الشدائد فليكثر الدعاء في الرخاء “Barang siapa menghendaki doanya dikabulkan oleh Allah saat susah dan ditimpa musibah, hendaklah ia memperbanyak doa ketika sedang lapang” (HR Tirmidzi).

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement