Jumat 07 Jul 2023 02:49 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Meniti Tangga Kebahagiaan

Keimanan kepada Allah SWT tidak cukup hanya sampai di hati dan lisan saja.

Naskah Khutbah Jumat: Meniti Tangga Kebahagiaan
Foto:

Jamaah Jumat Rahimakumullah,

Bahagia juga saat kita memperoleh suatu kemenangan. Menariknya, sesungguhnya setiap hari dan setiap saat kita selalu mendengar ajakan menuju kebahagiaan itu, sebagaimana tersebut dalam kalimat adzan, “hayya ‘alal falah” – mari bersegera dan bergegas meraih kebahagiaan atau kemenangan.

Maka, keputusan untuk berusaha meraih bahagia itu sejatinya kembali kepada para pencari kebahagiaan itu sendiri, tergantung diri kita masing-masing. Mau atau tidak, Tuhan tidak memaksa.

Namun fitrah yang tertanam dalam jiwa setiap insan, pasti merasakan getaran untuk memenuhi panggilan tadi. Inilah fitrah yang mesti kita rawat, kita jaga dan kita pupuk agar jangan sampai layu, jangan sampai mati. Sehingga manakala datang kumandang adzan, yang di dalamnya terdapat ajakan untuk meraih bahagia dan kemenangan, tidak lantas kita abaikan, justru kita bersegera menyambutnya.

Jamaah Jumat Rahimakumullah,

Ada segolongan saudara kita, karena kesehariannya disibukkan dengan tuntutan pekerjaan. Setiap pekan sejak jam tujuh pagi hingga jam empat sore, bahkan ditambah lembur hingga dini hari, ada di antara mereka yang kurang tepat dalam memilih jalan kebahagiaan.

Upah yang diperoleh dari hasil keringatnya tadi, lalu sebagian dihabiskan untuk membeli apa yang dianggapnya “kebahagiaan”. Ia datangi tempat hiburan yang di dalamnya terdapat aneka macam minuman keras, berbagai macam pemuas hawa nafsu, baik judi, narkotika, maupun perzinahan. Lalu, setelah ‘merasa puas’, lantas ia pulang, kembali ke rumah, dan esoknya bekerja kembali. Begitu siklus hidupnya, na’udzu billah.

Itulah apa yang kita sebut sebagai kebahagiaan semu, dikiranya bahagia namun palsu, sejatinya justru membuat jiwa semakin sakit dan lesu.

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2023/07/06/meniti-tangga-kebahagiaan/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement