Jumat 30 Jun 2023 21:39 WIB

Baca Doa Ini Ketika Gempa Bumi Melanda

Dalam Islam, ada doa yang dianjurkan dibaca ketika gempa bumi melanda.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Berdoa. Ilustrasi. Baca Doa Ini Ketika Gempa Bumi Melanda
Foto: Thoudy Badai/Republika
Berdoa. Ilustrasi. Baca Doa Ini Ketika Gempa Bumi Melanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gempa bumi mengguncang Yogyakarta dengan kekuatan magnitudo 6,4 pada Jumat (30/6/2023). Sejumlah warga di Malang, Jawa Timur hingga Pangandaran, Jawa Barat mengaku turut merasakan getaran gempa.

Dalam Islam, ada doa yang dianjurkan dibaca ketika gempa bumi melanda. Adapun lafaz doa yang dianjurkan saat peristiwa gempa adalah sebagai berikut.

Baca Juga

Doa Ketika Gempa Bumi Melanda

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

"Allahumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih."

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, kebaikan yang ada di dalamnya dan kebaikan yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya, keburukan yang ada di dalamnya dan keburukan yang Engkau kirimkan dengannya."

Bacaan doa ini dianjurkan oleh KH Abdul Karim atau Gus Karim, pengasuh Pondok Pesantren Alquran Azzayadi Solo.

Gempa di zaman Nabi Muhammad...

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement