Selasa 27 Jun 2023 23:40 WIB

Tiga Amalan untuk Melindungi Diri dari Kesesatan

Sholat berjamaah salah satu cara melindungi diri dari kesesatan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Tiga Amalan untuk Melindungi Diri dari Kesesatan. Foto:   Ilustrasi: Masjid tempat ibadah umat Muslim.
Foto: Anadolu Agency
Tiga Amalan untuk Melindungi Diri dari Kesesatan. Foto: Ilustrasi: Masjid tempat ibadah umat Muslim.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan seorang Muslim agar dirinya terhindar dari kesesatan dalam mengikuti ajaran Islam. Tidak dipungkiri, setiap Muslim punya peluang tergoda rayuan setan hingga terjerumus dalam kesesatan.

Hal pertama yang dapat dilakukan, seperti dikutip dari Mawdoo, yaitu dengan terus menerus memohon perlindungan kepada Allah SWT dari godaan setan. Memohon perlindungan kepada Allah SWT memiliki keutamaan tersendiri karena bisa menahan dan mengendalikan godaan setan.

Baca Juga

Allah SWT berfirman, "Dan jika setan datang menggodamu, maka berlindunglah kepada Allah. Sungguh, Dia Maha Mendengar, Maha Mengetahui." (QS Al-Araf Ayat 200). Berdasarkan ayat ini, Allah SWT telah memerintahkan hambanya untuk terus memohon perlindungan dari setan agar dihindarkan dari perbuatan yang dilarang agama.

Seorang Muslim juga harus ikhlas dalam mengerjakan ibadah kepada Allah SWT. "Iblis berkata, 'Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan maksiat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya. Kecuali hamba-hamba Engkau yang ikhlas beribadah kepada-Mu'". (QS Al-Hijr Ayat 39-40)

Selanjutnya ialah jangan lalai menunaikan ibadah sholat wajib dan selalu mengerjakannya tepat waktu serta berjamaah. Sholat adalah ibadah utama dan berdampak pada diri seorang Muslim. Setan tidak berdaya merasuki jamaah Muslim yang sedang mengerjakan sholat.

Dalam hadis shahih yang diriwayatkan Ibn Hibban melalui jalur Abu Ad-Dar, Nabi Muhammad SAW telah berpesan tentang keutamaan sholat berjamaah.

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Tiga orang berada di suatu kampung atau perkampungan badui dan mereka tidak melaksanakan shalat berjamaah. Maka setan telah merasuki mereka. Karena itu, lakukan shalat berjamaah, karena serigala hanya memakan kambing yang memisahkan diri dari jamaah".

Hal ketiga yaitu istiqomah membaca Alquran seperti membaca permulaan dan akhir Surat Al-Baqarah, Ayat Kursi. Juga istiqomah mengucapkan dzikir pagi, sore dan menjelang tidur. Jika Anda melaksanakannya, maka diri Anda dan keluarga akan terbentengi dari godaan setan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement