Rabu 21 Jun 2023 08:00 WIB

Doa yang Dianjurkan Sering Dibaca Ketika Hamil

Dianjurkan membaca banyak doa saat hamil.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
 Doa yang Dianjurkan Sering Dibaca Ketika Hamil. Foto:  Tes kehamilan (Ilustrasi)
Foto: Pxfuel
Doa yang Dianjurkan Sering Dibaca Ketika Hamil. Foto: Tes kehamilan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Setiap orang tua sangat menginginkan anaknya memiliki tubuh dan jiwa yang sehat, cerdas dan berakhlak mulia. Untuk itu dalam Islam, setiap orang tua diajarkan mempersiapkan sedini mungkin sejak proses kehamilan agar memiliki anak-anak yang saleh, bagus lahir dan batinnya.

Selain memperhatikan asupan gizi bagi ibu hamil, dianjurkan bagi orang tua untuk memperbanyak berdoa kepada Allah agar janin yang dalam kandungan diberikan kesehatan dan dimudahkan dalam proses melahirkan, serta menjadi anak yang bagus lahir dan batinnya, panjang umurnya, dan memiliki nasib yang baik. 

Baca Juga

Berikut doa yang bisa sering dibaca bagi orang tua ketika sang ibu tengah hamil.  

اَللّٰهُمَّ احْفَظْ وَلَدِيْ مَادَامَ فِيْ بَطْنِ زَوْجَتِيْ وَاشْفِهِ أَنْتَ الشَّافِيْ لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَآؤُكَ شِفَآءً لَايُغَادِرُ سَقَمًا. اَللّٰهُمَّ صَوِّرْهُ فِيْ بَطْنِ زَوْحَتِيْ صُوْرَةً حَسَنَةً وَثَبِّتْ قَلْبَهُ إِيْمَانًا بِكَ وَبِرَسُوْلِكَ. اَللّٰهُمَّ أَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِ زَوْجَتِيْ وَقْتَ وِلَادَتِهَا سَهْلًا وَتَسْلِيْمًا. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلًا وَعَاقِلًا حَاذِقًا عَالِمًا عَامِلًا. اَللّٰهُمَّ طَوِّلْ عُمْرَهُ وَصَحِّحْ جَسَدَهُ وَحَسِّنْ خُلُقَهُ وَأَفْصِحْ لِسَانَهُ وَأَحْسِنْ صَوْتَهُ لِقِرَاءَةِ الْحَدِيْثِ وَالْقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ بِبَرَكَةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ  

Allahumma-afadh waladi ma dama fi bathni zaujati wa syfihi antasy-syafi la syifa’an illa syifauka syifa'an la yughadiru saqaman. Allahumma shawwirhu fi bathni zaujati shuratan hasanatan wa tsabbit qalbahu imanan bika wa bi rasulika. Allahumma akhrijhu mim bathni zaujati waqta wiladatiha sahlan wa tasliman. Allahumma ij‘alhu shahihan kamilan wa ‘aqilan hadziqan ‘aliman ‘amilan. Allahumma thawwil ‘umrahu wa shahhih jasadahu wa hassin khuluqahu wa afshah lisanahu wa ahsin shautahu li qira-atil haditsi wal qur’anil ‘adhim bi barakati Muhammadin shallallahu ‘alaihi wasallam. Walhamdulillahi Rabbil ‘alamin.

“Ya Allah, jagalah anakku selama ia berada dalam perut istriku, sehatkan ia, sesungguhnya Engkau Yang Maha Menyehatkan, tak ada kesehatan kecuali kesehatan dari-Mu, kesehatan yang tak terganggu penyakit. Ya Allah, bentuk ia yang ada di perut istriku dalam rupa yang baik, tetapkan dalam hatinya keimanan pada-Mu pada Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkan dia dari perut istriku pada saat kelahirannya secara mudah dan selamat. Ya Allah, jadikan ia utuh, sempurna, berakal, cerdas, berilmu, dan beramal. Ya Allah, panjangkan umurnya, sehatkan jasadnya, baguskan rupanya, dan fasihkan lisannya untuk membaca hadits dan Alquran Yang Agung, dengan berkah Nabi Muhammad ﷺ. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh keberadaan.”

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement