Senin 19 Jun 2023 08:31 WIB

Doa dan Dzikir Pagi Habib Umar bin Hafidz 

Ulama senantiasa mengistiqomahkan membaca dzikir dan doa pagi.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Doa dan Dzikir Pagi Habib Umar bin Hafidz. Foto: Pagi yang dingin/ilustrasi
Foto: Pxhere
Doa dan Dzikir Pagi Habib Umar bin Hafidz. Foto: Pagi yang dingin/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Para ulama senantiasa mengistiqomahkan membaca dzikir dan doa pagi setelah bangun tidur. Sebab pada waktu pagi, Allah SWT memberikan keberkahan kepada hamba. Berikut ini doa dan dzikir pagi Habib Umar bin Muhammad bin Salim Al Hafidz yang diambil dari al khulashoh fi adzkarin wa ad'iyatin waaridatin wa matsuratin yang disusun beliau:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ . الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي رَدَّ عَلَى رُوحِي وِعَافانِي فِي جَسَدِي وَأَذِنَ لِي بِذِكْرِهِ .

Baca Juga

 لاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ . الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَ النَّوْمَ وَالْيَقَظَةَ. الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي بَعَثَنِي سَالِمًا سَوِيًّا. أَشْهَدُ أَنَّ اللَّهَ يُحْيِي الْمَوْتَى، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ.

اصْبحْنَا وَاصْبحْ الْمُلْكُ لِلَّهِ ، وَالْعَظَمَةُ وَالسُّلْطَانُ لِلَّهِ. وَالْعِزَّةُ وَالْقُدْرَةُ لِلَّهِ.

أَصْبَحْنَا عَلَى فِطْرَةِ اْلإِسْلاَمِ وَعَلَى كَلِمَةِ اْلإِخْلاَصِ، وَعَلَى دِيْنِ نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَعَلَى مِلَّةِ أَبِيْنَا إِبْرَاهِيْمَ، حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ

اللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

 اللَّهُمَّ إنَّا نَسْأَلُكَ أَنْ تَبْعَثَنَا فِي هَذَا الْيَوْمِ إِلَى كُلِّ خَيْرٍ. وَنَعُوذُ بِكَ أَنْ نَجْتَرِحَ فِيهِ سُوءًا. أَوْ نَجُرَّهُ إِلَى مُسْلِمٍ. أَوْ يَجُرَّهُ أَحَدٌ إلَيْنَا. نَسْأَلُك خَيْرَ هَذَا الْيَوْمِ وَخَيْرَ مَا فِيهِ. وَنُعُوذِبُكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرَمًا فِيهِ.

Alhamdulillahiladzi ahyanaa ba'dama amaatana wa ilahinnusyur. Alhamdulillahiladzi rodda 'ala ruhiy wi'aafini di jasadi waadzina liy bi dzikrihi.

Laa Illaha Ilallah wahdahu laa syarikalahu lahul mulku wa lahul hamdu yuhyi wa yumitu wahuwa 'ala kulli syaiin qodir. Alhamdulillahilladzi kholaqo nauma wal yaqodzota. Alhamdulillahiladzi ba'atsani saaliman sawiyan. Asyhadu Annallaha yuhyiyal mauta wahuwa 'ala kulli syaiin qodir. 

Asbahnaa wa asbahal mulku lillah wal 'adzomatu wa shultonul lillah wal 'izatu wal qudrotu lillahi.

Asbahnaa 'ala fitrotil Islami wa 'ala kalimatil ikhlash wa 'ala diyni nabiyyina Muhammadin shollallahu 'alaihi wa sallama wa 'ala millati abina Ibrahim Hanifan musliman wa maa kaana minal musyrikin. 

Allahumma Bika asbahnaa wabika amsaina wabika nahya wabika namutu wa ilaika nusyuur.

Allahumma Inna nasaluka an ta'batsana fi hadzal yaumi Ilaa kulli Khoiri, wa na'udzubika an najtariha fiyhi suuan. Aunnajurrohu Ilaa muslimi. Au yajurrohu ahadun ilaina. Nasaluka khoiro hadzal yaumi wa khoiro maa fiyhi. Na'udzubika min syarrihi wa syarri maa fiyhi.

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kembali setelah mematikan kami. Dari kepadaNya kamk kembali. Segala puji bagi Allah yang telah mengembalikan jiwaku, memberi kesehatan pada tubuhku, dan memperkenankan aku untuk mengingatNya. 

Tidak ada Tuhan selain Allah semata, Dia tidak memiliki sekutu. KepunyaanNya semua kekuatan dan milikNya semua pujian, dan Dia mampu melakukan semua hal. Terpujilah Allah yang telah menciptakan tidur dan terjaga. Puji syukur Dia yang telah membangkitkan aku dengan selamat dan sehat. Aku bersaksi bahwa hanya Allah yang dapat menghidupkan dari kematian, dan Dia mampu melakukan segala sesuatu. 

Kami telah memasuki hari yang baru, dan Kerajaan, Keagungan, serta Kekuasaan adalah milik Allah. 

Kami telah memasuki pagi baru dalam keadaan Islam. Dalam keadaan ikhlas dan dalam agama nabi Muhammad SAW dan dalam keadaan agama ayah kami Ibrahim yang murni (lurus), pasrah dan kami bukan termasuk golongan musyrikin. 

Ya Allah dengan pertolongan Engkau kami memasuki pagi hari, dan dengan pertolongan Engkau kami memasuki malam dan demo Engkau kami hidup dan demi Engkau kami juga mati dan oleh Mu kami dibangkitkan.

Ya Allah sesungguhnya kami memohon kepada-Mu untuk menjalani kehidupan di hari ini dalam segala kebaikan. Dan kami memohon perlindungan dengan-Mu dari melakukan segala keburukan atau mencelakai orang lain atau dari siapa pun yang akan mencelakai kami. Kami memohon kepada-Mu untuk kebaikan hari ini dan dari kebaikan terbaik yang mungkin diberikan kepada kami dan kami mencari perlindungan dari-Mu dari kejahatan hari ini dan dari kejahatan terburuk yang terkandung di dalamnya.

Setelah itu dianjurkan juga membaca surat Ali Imron dari ayat 190 sampai ayat 195.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement