Rabu 14 Jun 2023 12:49 WIB

Doa Minum Air Zamzam, Jamaah Haji Dapat Berkah

Ketika jamaah haji meminum air Zamzam, mereka dianjurkan untuk membaca doa.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Doa Minum Air Zamzam, Jamaah Haji Dapat Berkah. Foto: Ilustrasi air minum di Masjid Nabawi (di luar masjid bukan zamzam) dan di dalam masjid (air zamzam).
Foto: Republika/Agung Sasongko
Doa Minum Air Zamzam, Jamaah Haji Dapat Berkah. Foto: Ilustrasi air minum di Masjid Nabawi (di luar masjid bukan zamzam) dan di dalam masjid (air zamzam).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Air Zamzam memiliki sejarah yang kaya dalam Islam dan diyakini oleh umat Muslim sebagai air suci yang berasal dari sumur Zamzam di Makkah, Arab Saudi. Berdasarkan sejarah Islam, sumur Zamzam bermula dari kisah Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail.

Ketika Nabi Ibrahim meninggalkan istrinya, Hajar, dan putranya Nabi Ismail di gurun Makkah atas perintah Allah, mereka kehabisan air minum. Hajar yang sedang mencari air untuk Ismail berlari bolak-balik antara bukit Shafa dan Marwah tujuh kali.

Baca Juga

Menurut cerita, malaikat Jibril kemudian datang untuk membantu. Dia mengatakan kepada Siti Hajar untuk menaruh Ismail ke tanah, di tempat yang kini dikenal dengan sumur Zamzam. Seperti umumnya bayi, Ismail duduk sambil mengerukkan kakinya ke tanah. Tiba-tiba, mata air yang segar keluar dari tanah yang dikeruk tadi.

Air tersebut kemudian menjadi sumber yang melimpah dan memberikan air minum yang cukup untuk Hajar dan putranya. Air ini lah yang kemudian dikenal sebagai Air Zamzam. Sejak itu lah Air Zamzam ini dianggap sebagai air yang berkah dan suci.  

 

Setiap tahun, jutaan jamaah haji dan umrah dari seluruh dunia datang ke Makkah untuk minum dari sumber Air Zamzam yang masih mengalir sampai sekarang. Bagi umat Islam, Air Zamzam memiliki nilai keagamaan dan keberkahan yang mendalam, dan mereka minumnya dengan keyakinan bahwa air ini membawa berkah dan manfaat khusus.

Ketika jamaah haji meminum air Zamzam, mereka dianjurkan untuk membaca doa. Berikut doa minum air Zamzam:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ

Allahumma inni as’aluka ilman nafian, wa rizqan wasian, wa syifa’an min kulli da’in.

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku meminta kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan kesembuhan dari segala penyakit.”

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement