Jumat 09 Jun 2023 04:05 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Kebaikan Itu dari Allah

Allah tidak akan berbuat aniaya dan menyiksa umat manuisa di dunia ini.

Naskah Khutbah Jumat: Kebaikan Itu dari Allah
Foto:

Kedua, kebaikan Allah kepada manusia karena kecerobohan manusia. Munculnya kesengsaraan, kesakitan bahkan musibah dan bencana pada diri seseorang belum tentu karena takdir Allah, akan tetapi karena faktor dirinya sendiri yang ceroboh dan teledor dalam menjalani kehidupan ini.

Adanya kesulitan hidup dan gagal dalam meraih keberhasilan seseorang bisa jadi karena kemalasan, kurang disiplin, kurang gigih, kurang tekun, dan kurang cerdiknya manusia dalam berusaha dan ikhtiar. Adanya musibah kecelakaan di tengah jalan bisa jadi karena kurang hati-hati dan waspada atau bahkan ugal-ugalan dalam mengendarai kendaraan di tengah jalan. Terjangkitnya penyakit yang menimpa pada diri seseorang bisa jadi karena mereka teledor dalam menjaga kesehatan dan pola hidup sehat yang dijalaninya selama ini, dan sebagainya.

Itulah kira-kira makna dari ayat wa ma ashabaka min sayyiatin fa min nafsika (dan keburukan/bencana apa pun yang menimpa pada dirimu itu disebabkan oleh (kesalahan) dirimu sendiri (QS. An Nisa’: 79). Bahkan dalam konteks yang lebih luas lagi bahwa rusaknya alam ini, baik di darat maupun di lautan yang menyebabkan bencana dan kesengsaraan umat manusia tidak lepas dari perbuatan tangan manusia sendiri.

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2023/06/02/kebaikan-itu-dari-allah/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement