Selasa 06 Jun 2023 20:54 WIB

3 Hadits Nabi Muhammad SAW Ini Tegaskan Ancaman Pelaku Riba

Allah SWT memperingatkan hukuman berat untuk pelaku riba

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Dampak praktik riba. (ilustrasi). Allah SWT memperingatkan hukuman berat untuk pelaku riba
Foto: republika
Dampak praktik riba. (ilustrasi). Allah SWT memperingatkan hukuman berat untuk pelaku riba

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Setiap Muslim dilarang memakan harta riba. Dalam Islam, tegas hukum riba adalah haram. Bahkan semua agama samawi melarang praktik riba karena dapat menimbulkan dampak negatif bagi pemberi dan penerima hutang. 

Di samping berpotensi menghilangkan sikap tolong menolong, riba juga dapat menimbulkan permusuhan antara kedua belah pihak yang melakukan transaksi.  

Baca Juga

Berikut tiga hadits Nabi Muhammad ﷺ yang menjelaskan  ancaman bagi orang-orang yang memakan harta riba. 

Pertama, dilaknat Allah SWT

 

قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : لَعَنَ اللَّهُ الرِّبَاوَاكِلَهُ وَمُوْكِلَهُ وَكَاتِبَهُ وَشَاهِدَهُ وَهُمْ يَعْلَمُوْنَ وَالْوَاصِلَةَ وَالْمُسْتَوْصِلَةَ وَالْوَاشِمَةَ وَالْمُسْتَوْشِمَةَ وَالنَّامِصَةَ وَالْمُتَنَمِّصَةَ.

Rasulullah ﷺ bersabda, “Allah melaknat terhadap perbuatan riba dan orang yang memakan harta riba dan orang yang menyuguhkan harta riba dan orang yang menulis riba, dan orang yang menjadi saksi riba. Orang-orang yang memakan riba, menyuguhkan riba, menjadi saksi riba itu sama-sama mengetahui itu riba. Dan Allah melaknat wanita yang menyambung rambut, dan yang meminta disambung rambut, dan yang memasang tato dan yang meminta di tato dan orang yang mempercantik gigi dan yang meminta dipercantik gigi (bukan karena darurat atau karena ada masalah pada gigi).”

Baca juga: Mengapa Tuyul Bisa Leluasa Masuk Rumah? Ini Beberapa Penyebabnya  

Kedua, dibangkit jadi kera dan babi 

قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:  وَالَّذِىْ نَفْسِىْ بِيَدِهِ لَيُبَيِّتَنَ أُنَاسٌ مِنْ أُمَّتِى عَلَى أَشَرٍ وَبَطَرٍ وَلَهْوٍ وَلَعِبٍ فَيِصْبَحُوْاقِرَدَةً وَخَنَازِيْرَ بِاسْتِحْلَالِهِمُ الْمَحَارِمَ وَاتِّخَاذِهِمُ الْقَيْنَاتٍ وَشُرْبِهِمُ الْخَمْرَ وَبِأَكْلِهِمُ الرِّبَاوَلُبْسِهِمُ الْحَرِيْرَ.

Rasulullah ﷺ bersabda, “Demi Allah yang diriku ada pada kekuasaan Nya, sungguh bakal menjadi manusia-manusia dari umatku dalam kesombongan dan keangkuhan, kesia-siaan dan permainan. Maka pada pagi (ketika dibangkitkan pada hari kiamat) mereka menjadi kera dan babi sebab mereka menghalalkan barang-barang yang haram, dan sebab memanggil biduan, dan sebab meminum khamar dan sebab makan riba dan memakai kain sutra.” 

Ketiga, dosanya lebih berat dari zona

قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : دِرْهَمُ رَبًايَأْكُلُهُ الرَّجُلُ وَهُوَيَعْلَمُ أَشَدُّمِنْ سِتَّةٍ وَثَلَاثِيْنَ زَيْنَةً

Rasulullah ﷺ bersabda, "Uang satu dirham dari riba yang dimakan seorang lelaki padahal ia mengetahui itu lebih berat dosanya daripada tiga puluh enam kali perbuatan zina." 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement