Kamis 01 Jun 2023 08:36 WIB

Ini Doa yang Dibaca Saat Tawaf Pertama Kali

Jamaah haji dianjurkan banyak membaca doa.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Umat muslim melakukan tawaf di Masjidill Haram, Makkah, (22/2/2023)
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Umat muslim melakukan tawaf di Masjidill Haram, Makkah, (22/2/2023)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam setiap putaran tawaf, jamaah haji dianjurkan untuk memanjatkan doa. Pada putaran pertama tawaf, jamaah haji dapat membaca doa sebagai berikut: 

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَاإِلَهِ إِلَااللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ وَلَا حَوْلَ وَلَاقُوَّةٍ إلَّا بِاَللَّهِ الْعَلى الْعَظِيمِ. اللَّهُمَّ إيمَانًا بِكَ وَتَصْدِيقًا بِكِتَابِك وَاتِّبَاعًا لِسُنَّةِ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. اللَّهُمَّ قَنِّعْنِي بِمَا رَزَقْتَنِي وَبَارِكْ لِي فِيهِ وَاخْلُفْ عَلَى كُلِّ غَائِبَةٍ لِي بِخَيْرٍ. اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ حَجًّا مَبْرُورًا وَسَعْيًا مَشْكُورًا وَذَنْبًا مَغْفُورًا. اللَّهُمَّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاعْفُ عَمَّا تَعْلَمْ إِنَّكَ أَنْتَ الْأَعَزُّ الْأَكْرَمُ اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، وَأَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي، اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَتِي وَالْفَوْزَ بِالْجَنَّةِ وَالنَّجَاةِ مِنْ النَّارِ. اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الرَّاحَةَ عِنْدَ اَلْمَوْتِ، وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Baca Juga

Subhanallahi wal hamduahi wa laailaha illallahu Wallahu Akbar wala haula wala quwata Illa billahil 'aliyil 'adzimi. Allahumma imanan Bika watasdiyqon bikitabika watinaa'an lisinnati nabiyyika muhammadin shollallahu 'alaihi wasallam. Allahumma qonni'niy bima rozaqtaniy wabarik liy fiyhi wakhluf 'ala kulli ghoibatin liy bikhoirin. Allahummaj'alhu hajjan mabruuron, wa sa'yan masykuron wadunya maghfuron. Allahummagfir warham wa'fu 'amma ta'lam innaka antal a'azulakromu allahumma robbana aatina fidunya hasanatan wafil akhiroti hasanatan wakina adza bannar. Allahuma inny asalukal 'afiyahta fidunya wal akhiroh. Wa asalukal 'afwa wal 'afiyah disini wadunnyaya wa ahliy wa maliy. Allahummastur 'aurotiy walfauwa 'indalhisabi, la Ilaha Illa llahu, wahdahu laa syarikalahu, lahul mjlku walahul hamdu biyadihil Khoiri wahuwa 'ala kulli syaiin Qodir. Robbana aatina fidunya hasanatan wafil akhiroti hasanatan wakina adza bannar. 

Mahasuci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya untuk memperoleh manfaat dan tiada kemampuan untuk menolak bahaya kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Mulia dan Maha Agung. Ya Allah, aku beriman kepada-Mu dan percaya terhadap kitab-Mu dan mengikuti sunah nabi-Mu Muhammad SAW. 

Tuhanku, anugerahilah aku sifat hemat terhadap rezeki-Mu, berkatilah aku atas semua yang Engkau anugerahkan kepadaku dan gantilah apa yang aku luput dari padanya dengan kebijakan dari-Mu. Ya Allah, jadikanlah tawaf ini sebagai ibadah haji yang mabrur dan ibadah sa'i yang diterima dan dosa yang diampuni. Ya Allah, ampunilah, sayangilah, maafkanlah, dan hapuskanlah apa yang engkau ketahui. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui apa yang kami sendiri tidak tahu. Sesungguhnya Engkau, Ya Allah Maha Mulia dan Maha Pemurah. 

Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari azab neraka. Ya Allah, aku mohon kepada-Mu kesehatan di dunia dan akhirat. Aku memohon kepada-Mu ampunan dan kesehatan di dalam agamaku, duniaku, keluargaku, dan hartaku. Ya Allah, tutuplah segala aibku dan berilah kami kebahagiaan surga dan hindarkanlah dari siksa neraka. 

Ya Allah, aku memohon ketenangan ketika meninggal dan ampunan pada hari perhitungan. Tidak ada tuhan selain Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan segala pujian ditangan-Nya segala kebaikan. Dia Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari azab neraka. 

Doa ini dibaca mulai dari Hajar Aswad sampai rukun Yamani. Setiap kali sampai rukun Yamani mengusapnya. Kalau tidak mungkin, maka cukup mengangkat tangan sambil mengucap: 

بسم الله والله أكبر.

Bismillahi Wallahu Akbar

 

Dengan menyebut nama Allah, dan Allah Maha Besar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement