Selasa 30 May 2023 15:19 WIB

Bolehkah Berdoa di Kamar Mandi Saat Wudhu? Ini Kata Ulama dari Amerika

Umat Islam sejatinya dianjurkan membaca doa sebelum dan setelah wudhu.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Bolehkah Berdoa di Kamar Mandi berdoa Saat Wudhu? Ini Kata Ulama dari Amerika Utara. Foto: Ilustrasi Berwudhu
Foto: EPA-EFE/BILAWAL ARBAB
Bolehkah Berdoa di Kamar Mandi berdoa Saat Wudhu? Ini Kata Ulama dari Amerika Utara. Foto: Ilustrasi Berwudhu

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Saat sedang berwudhu atau setelahnya, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa. Namun, terkadang ada tempat wudhu yang menyatu dengan kamar mandi atau toilet. Sementara, para ulama memakruhkan untuk berdoa di toilet.  

Jadi, bolehkah berdoa saat atau setelah wudhu di tempat itu? 

Baca Juga

Menanggapi pertanyaan tersebut, mantan Presiden Masyarakat Islam Amerika Utara, Dr Muzammil H Siddiqi menyatakan bahwa pada zaman dulu toilet adalah tempat yang kotor. Orang akan melihat kotoran di sekitarnya dan itu adalah tempat yang bau.

Dia melanjutkan, tidak pantas menyebut nama Allah dan berdoa di tempat seperti itu. Karena, nama Allah itu mulia dan harus dihormati. "Jadi, aturannya adalah di tempat seperti itu nama Allah tidak boleh disebutkan. Mereka yang menjaga toiletnya kotor dan bau harus tetap mematuhi aturan ini," kata Muzammil dikutip dari Aboutislam, Selasa (30/5/2023). 

 

Tetapi, lanjut dia, kebanyakan toilet di zaman sekarang ini sudah sangat bersih. Jika kebersihan kamar mandinya selalu dijaga, maka usahakan tidak menyebut nama Allah saat berada di dudukan toilet. 

"Tetapi ketika Anda selesai dari sana (dudukan toilet) dan disiram, dan area itu untuk wudhu, maka di sana Anda dapat menyebutkan doa wudhu yang ingin Anda ucapkan," jelas Muzammil.

Maka dapat disimpulkan, karena pada zaman dulu toilet tidak bersih, maka harus menghindari penyebutan nama Allah di dalamnya. Namun, jika kebersihan toilet terjaga dengan baik dan tidak ada bekas najis, umat Islam bisa menyebut nama Allah.

"Dalam hal ini, lebih baik hanya menyebutkan hanya doa yang terkait dengan tindakan yang Anda lakukan (wudhu, mandi besar, dan lain-lain)," kata Muzammil.

Sumber:

 https://aboutislam.net/counseling/ask-the-scholar/dhikr-supplication/dhikr-and-duaa-in-the-toilet-allowed/

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement