Selasa 23 May 2023 06:30 WIB

Lima Amalan Sebelum Berhubungan Intim Suami Istri

Dianjurkan membaca doa sebelum berhubungan intim suami istri.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Lima Amalan Sebelum Berhubungan Intim Suami Istri. Foto: Pernikahan Ilustrasi
Foto: Republika/Prayogi
Lima Amalan Sebelum Berhubungan Intim Suami Istri. Foto: Pernikahan Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pasangan suami-istri sah untuk melakukan hubungan intim, bahkan disunahkan dalam Islam dan akan mendapatkan pahala. Dalam Islam pun diajarkan tata caranya. Misalnya, sebelum berhubungan intim atau berjimak, dianjurkan untuk membaca doa.

Dalam buku “Tanya Jawab Fikih Keseharian”, KH Mahbub Ma’afi menjelaskan, berjimak atau berhubungan badan bagi suami-istri adalah sebuah kebutuhan mendasar. Menurut dia, terdapat lima amalan yang sebaiknya dilakukan sebelum melakukan hubungan intim.

Baca Juga

“Amalan yang sebaiknya dilakukan sebelum berjimak adalah; pertama disunahkan untuk membaca bismillah,” kata Kiai Mahbub dikutip dari buku terbitan Qafila tersebut, halaman 192.

Kedua, membaca surat Al-Ikhlas. Ketiga, membaca takbir (Allahu Akbar) dan tahlil (Laailaha Illallah). Keempat, membaca doa berikut:

 

بِسْمِ اللهِ العِلِيِّ العَظِيْمِ، اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنْ قَدَّرْتَ أَنْ تَخْرُجَ مِنْ صُلْبِيْ، اَللَّهُمَّ جَنِّبْنِي الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنِيْ

 

Bismillahil Aliyyil Adzim, Allahummaj Alha Dzurriyatan Thayyibatan inkunta Qaddarta an Tukhrija Dzalika min Shulbi. Allahumma Jannibnis Syayathaana wajannibis Syayathaana ma Razaqtana.

Artinya: "Dengan nama Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Tuhanku, jadikanlah ia keturunan yang baik bila Kau takdirkan ia keluar dari tulang punggungku. Tuhanku, jauhkan aku dari setan, dan jauhkan setan dari benih janin yang Kau anugerahkan padaku."

Sedangkan amalan yang kelima sebelum berhubungan intim adalah memakai penutup atau selimut. “Jangan melakukan jimak dengan telanjang bulat. Lalu memulai dengan cumbu-rayu dan ciuman,” jelas Kiai Mahbub.

Berhubungan intim memang bukan hanya untuk memenuhi hasrat seksual. Hubungan suami istri ini mengandung nilai ibadah sebagaimana yang dijelaskan dalam ajaran Islam.

Nabi Muhammad SAW menyebut hubungan suami istri itu sama dengan sedekah. Artinya ini adalah ibadah yang dianjurkan. Jika dikerjakan maka akan berbuah pahala dari Allah.

Untuk membuat hubungan suami istri semakin bergairah, maka juga bisa mempersiapkan diri secara fisik sebelum berhubungan intim. Misalnya, mandi, memakai parfum, serta menyikat gigi dan membersihkan mulut.

 

 

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement