Kamis 11 May 2023 05:35 WIB

4 Hadits tentang Keutamaan Sholat Dhuha

Rasulullah menganjurkan sholat dhuha saat matahari mulai naik.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Sholat Dhuha. 4 Hadits tentang Keutamaan Sholat Dhuha
Foto: Infografis Republika
Sholat Dhuha. 4 Hadits tentang Keutamaan Sholat Dhuha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasulullah menganjurkan sholat dhuha saat matahari mulai naik. Dalam kitab Riyadhus Shalihin karya Imam Nawawi, ada empat hadits yang menyebutkan keutamaan sholat dhuha.

Empat Hadits tentang Keutamaan Sholat Dhuha

1. Wasiat Rasulullah

Baca Juga

عن أبي هريرة رضي الله عنه ، قال : أوصاني خليل صلى الله عليه وسلم بصيام ثلاثة أيام من كلشهر، وركعتي الضحى ، وأن أوتر قبل أن أرقد ) متفق عليه .

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, katanya: "Kekasihku yakni Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasalam, telah memberikan wasiat padaku untuk melakukan puasa sebanyak tiga hari dalam setiap bulan, juga dua rakaat sholat sunnah Dhuha dan supaya saya sholat witir dulu sebelum tidur." (Muttafaq 'alaih)

 

Melakukan sholat witir sebelum tidur itu hanyalah disunnahkan bagi seseorang yang merasa dirinya tidak akan dapat bangun pada akhir malam. Tetapi sekiranya merasa dapat sholat witir pada akhir malam, maka itu adalah lebih utama lagi.

2. Sedekah anggota tubuh

وعَنْ أَبي ذر رضي الله عنه ، عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : يُصبحُ عَلى كُلِّ سُلافي مِـنْ أحدكم صدقة : فكل تسبيحة صدقةً ، وكل تحميدة صدقة ، وكل تهليلةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُل تكبيرة صدقة ، وأمر بالمعروف صدقة ، ونهي عن المنكر صدقة ، ويُجزئ من ذلك ركعتان يركَعُهما من الضحى »رواه مسلم .

Dari Abu Zar radhiyallahu anhu dari Nabi shalallahu alaihi wasalam, sabdanya; "Setiap ruas tulang dari seorang diantara engkau semua itu harus ada sedekahnya pada setiap pagi harinya, maka setiap sekali tasbih bacaan Subhanallah adalah sedekah, setiap sekali tahmid bacaan Alhamdulillah adalah sedekah, setiap sekali tahlil bacaan La ilaha ilallah adalah sedekah, setiap sekali takbir bacaan Allahu Akbar adalah sedekah, memerintahkan kepada kebaikan adalah sedekah, melarang dari kemungkaran adalah sedekah dan yang sedemikian itu dapat dicukupi oleh dua rakaat yang dilakukan oleh seseorang dari sholat Dhuha." (Riwayat Muslim)

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement