Senin 08 May 2023 21:30 WIB

Baca Dzikir Ini Saat Kendaraan Tergelincir

Dianjurkan membaca dzikir saat kendaraan tergelincir.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
 Baca Dzikir Ini Saat Kendaraan Tergelincir. Foto:  Alquran dan Dzikir (ILustrasi)
Baca Dzikir Ini Saat Kendaraan Tergelincir. Foto: Alquran dan Dzikir (ILustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA --Beberapa waktu lalu viral kendaraan bus tergelincir. Hingga saat ini masih dalam penyelidikan kepolisian setempat.

Musibah tak ada yang tahu akan terjadi kepad siapa saja. Rasulullah pun pernah mengalami kendaraan yang tergelincir.

Baca Juga

Saat kendaraan tergelincir, beliau menganjurkan untuk berdzikir. Mengutip Kitab Induk Doa dan Zikir Al Adzar, Imam An Nawawi,

Telah meriwayatkan dalam kitab Sunan Abu Dawud, dari Abi al Malih, seseorang dari kalangan tabi'in, dari seseorang bahwa dia berkata: "Aku membonceng Nabi saw., kemudian kendaraan beliau tergelincir, kemudian aku mengatakan: 'Celakalah syaitan. Kemudian beliau bersabda:

"Janganlah kau ucapkan celakalah syaitan, karena jika kamu mengatakan demikian, maka syaitan akan menjadi besar, sehingga dia seperti rumah dan mengatakan dengan kekuatanku. Akan tetapi katakanlah bismillah, jika kamu mengatakan demikian, maka syaitan mengecil bagaikan seekor lalat."

Dalam riwayat Abu Dawud, disebutkan dari Abu Malih dari seseorang yang pernah membonceng Nabi saw.

Kami telah meriwayatkan dalam kitab Ibnu Sunni dari Abi Malih dari bapaknya, dan bapaknya adalah seorang sahabat Nabi yang bernama Usamah berdasarkan keterangan yang benar dan masyhur, ada yang menyebutkan tidak demikian, kedua riwayat ini sahih dan muttasil, karena orang yang tidak disebutkan dalam riwayat Abu Dawud adalah seorang sahabat Nabi, dan semua sahabat Nabi adalah orang yang tepercaya, dan tidak mengapa atas ketidakjelasan namanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement