Kamis 04 May 2023 06:36 WIB

Baca Sholawat Jalbur Rizqi Agar Dimudahkan Memperoleh Rezeki

Sholawat Jalbur Rizqi dibaca dan diamalkan para ulama.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi orang berdoa.
Foto: EPA-EFE/ALI HAIDER
Ilustrasi orang berdoa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap manusia telah ditentukan rezekinya oleh Allah SWT. Hanya saja, turunnya rezeki itu bisa jadi terhambat atau terhalang dengan perilaku manusia itu sendiri yang sering maksiat kepada Allah SWT. Atau boleh jadi, sulitnya seseorang memperoleh rezeki sebagai ujian dari Allah SWT untuk meningkatkan kesabaran dan keimanan kepada Allah SWT. 

Begitupun sebaliknya, boleh jadi datangnya rezeki yang banyak itu sebagai Rahmat Allah, dan karena amaliyah-amaliyah sederhana yang dilakukan hamba yang sangat disenangi Allah SWT, seperti memuliakan kedua orang tua, memperbanyak ibadah, membaca sholawat dan doa. 

Baca Juga

Dan boleh jadi datangnya rezeki yang banyak juga sebagai ujian Allah SWT, mampukah hamba tersebut menggunakan rezeki yang datang banyak itu untuk hal-hal yang maslahat dalam rangka mendekatkan diri pada Allah SWT. Atau justru rezeki yang datang banyak itu menjadi istidraj, karena ulah manusia tersebut yang selalu maksiat dan tak mau bertobat, lalu Allah tambah lagi harta kekayaannya sehingga semakin larut dia dalam kelalaiannya sebagaimana kisah Qarun pada zaman nabi Musa. 

Karena itu agar Allah membukakan pintu rezeki yang luas, perbaikilah hubungan kita dengan Allah SWT. Kemudian kerjakan anjuran-anjuran nabi Muhammad SAW dan para ulama yakni berbuat kebaikan-kebaikan yang dapat mengundang rezeki seperti menyambung silaturahmi, memuliakan orang tua dan guru, melaksanakan sholat dhuha, membaca Alquran, berzikir, bersholawat, bersedekah, dan lainnya. 

 

Salah satu amalan untuk menarik rezeki adalah dengan membaca sholawat. Berikut adalah sholawat Jalbur Rizqi lengkap dengan terjemahannya: 

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا حُمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ بِعَدَدِ أَنْوَاعِ الرِّزْقِ وَالْفُتُوحَاتِ، يَا بَاسِطُ الَّذِي يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ، أَبْسُطْ عَلَيْنَا رِزْقًا وَاسِعًا مِنْ كُلِّ جِهَةٍ مِنْ خَزَائِنِ غَيْبِكَ بِغَيْرِ مِنَّةِ مَخْلُوقِ بِمَحْضِ فَضْلِكَ وَكَرَمِكَ بِغَيْرِ حِسَابِ

Allahumma shalli wasallim wabarik 'ala sayyidina muhammadin wa'ala alihi bi 'adadi anwa ir rizqi wal futuhati. Ya basithul ladzi yabsuthur rizqa limay yasyau bi ghairi hisab. Ubsuth 'alaina rizqan wasi an min kulli jihatin min khazaini ghaibika bighairi minnati makhluqin, bi mahdli fadhlika wakaramika bi ghairi hisâb

Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan kepada keluarganya, sebanyak aneka ragam rezeki dan terbukanya segala kebaikan. Wahai Allah yang Maha Memberikan keluasan, dzat yang meluaskan rezeki kepada orang yang dikehendaki dengan tanpa hitungan. Semoga Engkau meluaskan kepada kami rezeki yang luas yang datang dari segala penjuru. Dari berbagai gudang ghaibmu dengan tanpa adanya utang budi kepada makhluk, dengan murninya fadilah dan kemuliaan-Mu, wahai Yang Maha Pengasih.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement