Rabu 03 May 2023 17:29 WIB

Tujuh Air Ini Sah untuk Bersuci

Bersuci cermin keimanan seseorang.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
 Tujuh Air Ini Sah untuk Bersuci. Foto:  Ilustrasi Berwudhu
Foto: EPA-EFE/BILAWAL ARBAB
Tujuh Air Ini Sah untuk Bersuci. Foto: Ilustrasi Berwudhu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Perihal bersuci (thaharah) sangat penting dalam ajaran Islam. Karena dengan bersuci merupakan cerminan dari iman seseorang. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits: 

عَنْ أَبِي مَالِكٍ الْحَارِثِ بْنِ عَاصِمٍ الأَشْعَرِيِّ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم: الطُّهُوْرُ شَطْرُ الإِيْمَانِ… ( رواه مسلم) 

Baca Juga

Dari Abu Malik Al Harits bin ‘Ashim Al Asy’ari radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ”Kesucian itu separuh dari iman … (HR. Muslim). 

Bahkan hukum thaharah menjadi wajib bagi seorang yang akan melaksanakan sholat. Sebab salah satu syarat sah sholat adalah sucinya badan dari hadats kecil maupun besar. Karena itu kuncinya sholat adalah dengan bersuci. Sebagaimana sabda nabi Muhammad SAW:

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : لا يقبل الله صلاة أحدكم إذا أحدث حتى يتوضأ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu ia berkata, “Telah bersabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam : “Allah tidak akan menerima shalat salah seorang diantara kalian jika ia berhadats sampai ia berwudhu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dan salah satu alat bersuci adalah dengan menggunakan air. Maka dari itu penting untuk mengetahui macam-macam air yang sah untuk digunakan bersuci. Dalam kitab Fathul Qorib karya syekh Al Imam Abi Abdillah Muhammad bin Qosim Al Ghozi atau Ibnu Qosim Al Ghozi dijelaskan bahwa ada tujuh macam air yang sah digunakan untuk bersuci. Apa saja?

(المياه التي يجوز) أي يصح (التطهير بها سبع مياه ماء السماء) أي النازل منها وهو المطر (وماء البحر) أي الملح (وماء النهر) أي الحلو (وماء البئر وماء العين وماء الثلج وماء البرد) ويجمع هذه السبعة قولك: ما نزل من السماء أو نبع من الأرض على أي صفة كان من أصل الخلقة

Macam-macam air yang sah untuk bersuci itu ada tujuh macam air. Pertama, air langit, yakni air yang jatuh dari langit yaitu air hujan. Kedua, air laut, yakni air laut yakni air asin. Ketiga, air sungai, yakni air tawar. Keempat, air sumur. Kelima, air mata air. Keenam, air embun. Ketujuh, air es atau salju. Ketujuh macan air ini dikatakan tidak lepas dari air yang turun dari langit atau keluar dari bumi dari sifat asal terciptanya air tersebut.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement