Selasa 02 May 2023 17:34 WIB

Doa Memohon Perlindungan dari Azab Neraka Jahanam

Doa terhindar dari azab neraka jahanam bersumber dari Alquran.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
 Doa Memohon Perlindungan dari Azab Neraka Jahanam. Foto: Doa (ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Doa Memohon Perlindungan dari Azab Neraka Jahanam. Foto: Doa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sebagai adab, kesopanan, dan permohonan kepada Allah SWT, umat Islam selalu diimbau untuk menghaturkan doa. Salah satu doa yang perlu dibaca adalah doa memohon perlindungan dari neraka jahanam.

Dalam buku Kumpulan Doa Doa terbitan Kementerian Agama disebutkan doa memohon perlindungan dari neraka jahanam. Doa ini bersumber dari Alquran Surah Al Furqan ayat 65.

Baca Juga

Berikut lafadznya:

"Robbana-shriff anna adzaaban jahannama inna adzabaha kaana ghoroman,". Yang artinya, "Ya Tuhan kami, jauhkanlah adzab jahanam dari kami, sesungguhnya adzab itu adalah kebinasaan yang kekal,".

 

Allah SWT memberikan gambaran neraka melalui hadits Rasulullah SAW. Neraka pada merupakan balasan bagi para pelanggar larangan dan mereka yang abai terhadap perintah Allah dan Rasul-Nya.

Kisah mengenai neraka jahanam berkenaan dengan turunnya wahyu, yakni Alquran Surah al-Hijr ayat 43. Allah berfirman, "Wa inna jahannama lamauiduhum ajmain,". Yang artinya, "Sesungguhnya Neraka Jahanam itu adalah tempat akhir yang dijanjikan untuk mereka semua,".

Ketika Nabi Muhammad SAW menerima wahyu tersebut, beliau menangis meneteskan air mata. Untuk itu sudah sepatutnya bagi seorang Muslim untuk senantiasa mengikuti perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya agar terhindar dari adzab neraka.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement