Selasa 02 May 2023 11:02 WIB

Doa Agar Diberi Ketegaran dalam Menghadapi Masalah

Mengamalkan doa harian akan menenangkan hati.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi berdoa.
Foto: EPA-EFE/MARK R. CRISTINO
Ilustrasi berdoa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang-orang yang beriman akan diuji oleh Allah SWT dengan berbagai macam permasalahan. Sehingga apabila orang tersebut tegar dalam menghadapi permasalahan-permasalahan yang menjadi ujian dari Allah SWT untuknya, Allah SWT akan mengangkat derajatnya lebih tinggi di sisi Allah SWT. 

Sebaliknya, orang-orang yang ketika diuji oleh Allah SWT justru menghujat dan menyalahkan Allah SWT, tidak menerima ketetapan Allah, ia akan kehilangan pahala dari ujian tersebut dan tergolong orang-orang yang ingkar atas nikmat-nikmat-Nya. 

Baca Juga

Sebab itu ketika menghadapi berbagai permasalahan bergantunglah pada Allah SWT, mintalah pertolongan pada-Nya, mohonlah ketegaran dan petunjuk dalam menghadapi berbagai permasalahan serta mintalah pada Allah SWT agar apa pun kondisinya, kita dikaruniai kesadaran untuk terus bersyukur dan kecerdasan membaca setiap nikmat dan anugerah Allah SWT. Sehingga sebesar apa pun permasalah, kita menyadari bahwa nikmat dan anugerah yang telah Allah berikan jauh lebih besar. 

Berikut adalah doa agar Allah SWT memberikan ketegaran pada diri kita dalam menghadapi setiap permasalahan. Doa ini terdapat dalam hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Imam Tirmidzi, Imam Nasa'i, dan lainnya.

 

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ الثَّبَاتَ فِي الْأَمْرِ وَأَسْأَلُكَ الْعَزِيمَةَ فِي الرُّشْدِ. وَ أَسْأَلُكَ شُكْرَ نِعْمَتِكَ وَحُسْنَ عِبَادَتِكَ. 

Allahumma inny asaluka tsabaata fil amri wa asalukal 'azmiymata firrusydi, wa asaluka Syukron ni'matika wa Husna 'ibadatika.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ketegaran dalam menghadapi segala permasalahan. Aku memohon dengan sangat kepada-Mu untuk berkenan memberikan curahan petunjuk serta aku memohon kepada-Mu agar aku dapat mensyukuri nikmat dan raskin melakukan ibadah. 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement