Jumat 28 Apr 2023 10:01 WIB

Tafsir Surat Al Mujadalah Ayat 11 yang Dijadikan Dasar Sholat di Pesantren Al Zaytun

Orang yang datang ke majelis hendaknya selalu menjaga suasana yang baik.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Kompleks Pondok Pesantren Az Zaytun. Tafsir Surat Al Mujadalah Ayat 11 yang Dijadikan Dasar Sholat di Pesantren Al Zaytun
Foto: Republika.co.id
Kompleks Pondok Pesantren Az Zaytun. Tafsir Surat Al Mujadalah Ayat 11 yang Dijadikan Dasar Sholat di Pesantren Al Zaytun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang menjelaskan Sholat Idul Fitri lalu yang berjarak di pesantrennya didasarkan pada Surat Al Mujadalah ayat 11. Berikut ini tafsir mengenai ayat tersebut.

Allah SWT menyeru orang-orang beriman untuk memberi kelapangan di dalam majelis-majelis, agar Allah SWT memberi kelapangan kepada mereka yang memberi kelapangan kepada orang lain. Tafsir Kementerian Agama menjelaskan maksud dari memberi kelapangan di dalam majelis.

Baca Juga

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

 

Wahai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Apabila dikatakan, “Berdirilah,” (kamu) berdirilah. Allah niscaya akan mengangkat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Allah Maha Teliti terhadap apa yang kamu kerjakan. (QS Al-Mujadalah: 11)

Dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama, ayat ini memberikan penjelasan bahwa jika di antara kaum Muslimin ada yang diperintahkan Rasulullah SAW berdiri untuk memberikan kesempatan kepada orang tertentu untuk duduk, atau mereka diperintahkan pergi dahulu, hendaklah mereka berdiri atau pergi. Karena Nabi Muhammad SAW ingin memberikan penghormatan kepada orang-orang itu, ingin menyendiri untuk memikirkan urusan-urusan agama, atau melaksanakan tugas-tugas yang perlu diselesaikan dengan segera.

Dari ayat 11 Surah Al-Mujadalah ini, dapat dipahami hal-hal sebagai berikut. Pertama, para sahabat berlomba-lomba mencari tempat dekat Rasulullah SAW agar mudah mendengar perkataan yang beliau sampaikan kepada mereka.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement