Jumat 28 Apr 2023 06:50 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Nikmatnya Surga, Pedihnya Neraka

Akhirat itu lebih baik.

Ilustrasi Muslim. Naskah Khutbah Jumat: Nikmatnya Surga, Pedihnya Neraka
Foto:

Sebaliknya, kesulitan, penderitaan, kesengsaraan yang dialami oleh seorang hamba dalam kesabaran, meskipun ia adalah salah satu yang paling sengsara diantara seluruh umat manusia di dunia, tidak sebanding dengan setitik nikmat yang ia dapatkan sebagai balasan yang Allah janjikan di akhirat kelak.

Nikmat yang ia dapatkan di surga dalam waktu sebentar itu telah menghilangkan segala bekas kesengsaraan yang dialami jiwa dan raganya. Bukan lagi sembuh semua luka itu, namun ia kembali tumbuh seakan tak pernah mengalami satu penderitaanpun.

Yang tersisa dalam kenangannya ialah kenikmatan tidak berujung yang baru saja ia rasakan. Kenikmatan yang memuaskan jiwa dan seluruh indera dalam raga, dan lebih lagi dari itu.

Kesengsaraan hebat yang ia lihat dan rasakan selama hidup telah menjadi bagian yang tidak berarti, bahkan untuk sekadar mendapat tempat dalam ingatan. Sebagaimana kecilnya manusia diantara berpuluh ratus miliar bintang raksasa di alam semesta.

Demikianlah Allah telah berfirman, bukankah Allah telah melapangkan untuk kita dada kita, dan mengangkat beban yang memberatkan kita (QS. Al-insyirah 94: 1-2). Menerangkan bahwa akhirat itu lebih baik, dan Allah kelak akan memberikan karunia-Nya sehingga hambanya menjadi puas (QS. Adh-Dhuha 93 : 4-5).

بَارَكَ اللَّهُ لِيْ وَلَكُمْ فِيْ الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلأَيَاتِ وَذِكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتُهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَقُلْ رَّبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2023/04/27/nikmatnya-surga-pedihnya-neraka/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement