Jumat 28 Apr 2023 06:50 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Nikmatnya Surga, Pedihnya Neraka

Akhirat itu lebih baik.

Ilustrasi Muslim. Naskah Khutbah Jumat: Nikmatnya Surga, Pedihnya Neraka
Foto:

Umur panjang tidak mengubah kenyataan apabila ia dimasukkan ke dalam neraka, segala bekas kenikmatan yang ia rasakan sepanjang hidup di dunia lenyaplah sudah, hilang hingga sampai pada ingatan, rambut memutih seakan tak pernah hitam, 60 tahun hidup di dunia dalam kemewahan hapus seketika karena sekejap mata saja, sekali saja, dicelupkan ke dalam neraka.

Hilang jejak-jejak kebaikan yang pernah ia lihat dan rasakan karena begitu hebatnya siksa. Seakan ia tak pernah melihat satupun seumur hidupnya. Seolah tak pernah melihat anak yang ia cintai, senyum orang tua yang ia sayangi, perhiasan bertahta permata yang ia usahakan.

Merasakan nasi yang hangat dan lembut yang ia santap, pasir pantai yang ia tapak, hangat sinar mentari yang menimpa kulit di pagi hari bersamaan dengan udara segar pegunungan dengan suara burung pipit yang menyenangkan telinga.

Sebagaimana tidak berartinya jarak yang dapat ditempuh manusia dalam satu detik jika dibandingkan dengan kecepatan cahaya, nampaknya kemewahan seumur hidup yang mengorbankan akhirat tidak sebanding dengan setitik akibat yang akan di terima di akhirat kelak.

…وَيُؤْتَى بِأَشَدِّ النَّاسِ بُؤْسًا فِي الدُّنْيَا مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ فَيُصْبَغُ صَبْغَةً فِي الْجَنَّةِ فَيُقَالُ لَهُ يَا ابْنَ آدَمَ هَلْ رَأَيْتَ بُؤْسًا قَطُّ هَلْ مَرَّ بِكَ شِدَّةٌ قَطُّ فَيَقُولُ لَا وَاللَّهِ يَا رَبِّ مَا مَرَّ بِي بُؤْسٌ قَطُّ وَلَا رَأَيْتُ شِدَّةً قَطُّ.

…Kemudian orang paling sengsara di dunia yang termasuk penghuni surga didatangkan kemudian ditempatkan di surga sebentar, setelah itu dikatakan padanya: ‘Hai anak cucu Adam, apa kau pernah melihat kesengsaraan sedikit pun, apa kau pernah merasa sengsara sedikit pun? ‘ ia menjawab, ‘Tidak, demi Allah, wahai Rabb, aku tidak pernah merasa sengsara sedikit pun dan aku tidak pernah melihat kesengsaraan pun‘.”

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2023/04/27/nikmatnya-surga-pedihnya-neraka/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement