Sabtu 15 Apr 2023 01:58 WIB

Doa Qunut untuk Sholat Subuh

Membaca doa qunut saat sholat subuh termasuk sunnah ab’adh.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
 Doa Qunut Subuh. Foto: Berdoa (Ilustrasi)
Foto: Republika
Doa Qunut Subuh. Foto: Berdoa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --M Masrur dalam buku Memahami Arti Bacaan Sholat menjabarkan bacaan lengkap doa qunut. Bacaannya sebagai berikut:

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Baca Juga

“Allahummahdiniy fiman hadait wa afini fiman afait wa tawallaniy fiman tawallait wa baarikli fimaa a’thait waqiniy syarra maa qadhait fa-innaka taqdhiy wala yuqdha alaika wa innahu laa yadzillu man waalait wa la ya’izzu man aadait tabaarakta Rabbana wata’alait falakal-hamdu ‘ala maa qadhait wa astaghfiruka wa atubu ilaik wa shallallahu ala sayyidina Muhammadin An-Nabiyyil-ummiyi wa ala alihi wa shahbihi wa sallam.” 

Yang artinya, “Ya Allah, tunjukkanlah aku sebagaimana mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah kebaikan kepadaku sebagaimana mereka yang telah Engkau berikan kebaikan. Berilah kekuatan kepadaku sebagaimana yang telah Engkau berikan kekuatan. Berikanlah keberkahan kepadaku pada apa-apa yang telah Engkau karuniakan.

Peliharalah aku dari bahaya kejahatan yang telah Engkau tentukan. Maka sesungguhnya Engkaulah yang menentukan hukuman dan tidak kena hukum. Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau berikan kekuasaan. Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi Engkau.

Bagimu segala pujian di atas yang Engkau pastikan. Ampunilah aku, aku bertaubat kepada-Mu. (Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan kesejahteraan atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan sahabatnya,”.

Rasulullah SAW pernah melakukan qunut. Doa qunut ini berasal dari hadis riwayat Imam Abu Dawud, Imam Tirmidzi, dan An-Nasa’i. Hadis ini disahihkan Syekh Abu Thahir Zubair Ali yang diriwayatkan  Imam Tirmidzi. Bacaan qunut tersebut disahihkan pula oleh Syekh Husain Salim Asad Ad Daroni yang diriwayatkan Ad Darimi. 

Dalam Madzhab Syafii,  membaca qunut  saat sholat subuh termasuk sunnah ab’adh yang apabila lupa membacanya maka dianjurkan untuk melakukan sujud sahwi. Doa ini dilakukan dalam posisi bangkit dari ruku atau itidal maka maka dilanjutkan dengan membaca doa qunut

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement