Selasa 11 Apr 2023 21:30 WIB

Doa saat Melewati Tempat yang Tinggi atau Menurun

Dianjurkan membaca doa saat melewati tempat yang tinggi atau menurun.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
 Doa saat Melewati Tempat yang Tinggi atau Menurun. Foto:  Sejumlah kendaraan keluar tol Jagorawi menuju jalur wisata Puncak yang lengang, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (7/4/2023). Menurut Sat Lantas Polres Bogor arus lalu lintas di jalur wisata Puncak, Kabupaten Bogor, pada momen libur panjang akhir pekan peringatan wafat Isa Almasih dan Jumat Agung, pagi hingga siang hari ini masih lancar,  tidak ada peningkatan volume kendaraan yang signifikan di jalur wisata itu.
Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Doa saat Melewati Tempat yang Tinggi atau Menurun. Foto: Sejumlah kendaraan keluar tol Jagorawi menuju jalur wisata Puncak yang lengang, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (7/4/2023). Menurut Sat Lantas Polres Bogor arus lalu lintas di jalur wisata Puncak, Kabupaten Bogor, pada momen libur panjang akhir pekan peringatan wafat Isa Almasih dan Jumat Agung, pagi hingga siang hari ini masih lancar, tidak ada peningkatan volume kendaraan yang signifikan di jalur wisata itu.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Saat berkendara atau pun berjalan kaki, terkadang seseorang akan menemukan jalan yang tinggi atau menanjak dan juga menurun. Pada saat itulah umat islam berdoa dengan mengucapkan takbir saat melewati tempat tinggi, dan bertasbih ketika turun.

Jabir bin Abdullah Radhiyallahu Anhu berkata:

Baca Juga

كُنَّا إِذَا صَعِدْنَا كَبَّرْنَا، وَإِذَا نَزَلْنَا سَبَّحْنَا

Kami apabila naik tempat yang tinggi bertakbir, apabila menurun bertasbih. (HR Bukhari)

 

Untuk itu ketika tengah menanjak atau menuju ketinggian maka bertakbirlah dengan mengatakan,

الله أَكْبَر

Allahu Akbar (Allah Maha Besar)

Kemudian saat menurun maka bertasbihlah,

سُبْحَانَ ٱللَّٰهِ

Subhanallah (Maha suci Allah)

Adapun bertakbir dan bertasbih terus diucapkan ketika pada posisinya masing-masing.

Dianjurkan kepada umat Islam, agar mempraktikkan doa-doa ini. Semoga Allah mengabulkan doa bagi umat Islam yang mengamalkannya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement