Rabu 12 Apr 2023 03:05 WIB

Doa Pembuka Rezeki dari Riwayat Imam Bukhari, Muslim dan Tirmidzi

Melalui doa tersebut, diharapkan Allah SWT lebih membukakan pintu rezeki.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Berdoa. Ilustrasi. Doa Pembuka Rezeki dari Riwayat Imam Bukhari, Muslim dan Tirmidzi
Foto: Abdan Syakura/Republika
Berdoa. Ilustrasi. Doa Pembuka Rezeki dari Riwayat Imam Bukhari, Muslim dan Tirmidzi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rezeki sangat bermanfaat bagi umat manusia. Rezeki bentuknya tidak hanya berupa harta, tapi berupa umur yang panjang dan berkah, kesehatan, keselamatan, keluarga dan sahabat yang baik, ilmu yang bermanfaat, dan lain sebagainya.

Ada beberapa doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT oleh umat Islam. Melalui doa tersebut, diharapkan Allah SWT lebih membukakan pintu rezeki baginya.

Baca Juga

Berikut adalah dua doa yang bisa dipanjatkan umat Islam yang ingin lebih dibukakan pintu rezekinya oleh Allah SWT, sebagaimana dilansir dari laman Tafsirweb.

Sebagaimana diketahui, ada beberapa doa dan zikir dari hadits shahih dan hasan yang bisa diamalkan untuk membuka pintu rezeki. Di antaranya adalah doa-doa ini.

 

Doa pembuka rezeki

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي

Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amalii wagh-fir lii

Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan kepada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku. (HR Bukhari dan Muslim)

Doa lainnya untuk membuka pintu rezeki adalah sebagai berikut.

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

“Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR Tirmidzi. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement