Senin 10 Apr 2023 11:37 WIB

Baca Doa Ini Sebelum dan Sesudah Tadarus Alquran

Salah satu cara untuk meraih berkah Ramadhan adalah membaca Alquran atau tadarus.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi anak mengaji alquran. Baca Doa Ini Sebelum dan Sesudah Tadarus Alquran
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Ilustrasi anak mengaji alquran. Baca Doa Ini Sebelum dan Sesudah Tadarus Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di bulan suci Ramadhan, umat Muslim dari seluruh dunia berlomba-lomba mengejar keberkahan yang ada di dalamnya. Salah satu cara untuk meraih berkah ini adalah dengan membaca Alquran atau tadarus.

Alquran merupakan kitab suci umat Islam yang berisi wahyu Allah SWT. Kitab ini menjadi petunjuk bagi setiap hal yang dilakukan manusia di dunia.

Baca Juga

Dalam QS Al Ankabut ayat 45, Allah SWT memerintahkan semua umat-Nya untuk selalu membaca Alquran. Di dalamnya disampaikan, "Bacalah Kitab (Alquran) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad SAW) dan laksanakanlah sholat."

Sebelum dan sesudah membaca Alquran, Rasulullah SAW menganjurkan untuk membaca doa. Hal ini termasuk sebuah adab yang perlu diperhatikan oleh seorang Muslim.

Adapun doa-doa yang dimaksud ini adalah sebagai berikut.

Doa sebelum membaca Alquran

اَللّهُمَّ افْتَحْ لَنَا حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَيْنَا رَحْمَتَكَ يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allâhummaftah lanâ wansyur ‘alainâ rahmataka yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Artinya: “Ya Allah bukakanlah untukku hikmah-Mu, bentangkanlah untukku rahmat-Mu, dan ingatkanlah apa yang aku lupa. Wahai Dzat Maha Agung dan Maha Mulia.”

Doa setelah membaca Alquran

اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ وَاجْعَلْهُ لِي إِمَامًا وَنُورًا وَهُدًى وَرَحْمَةً، اللَّهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نُسِّيتُ وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

Allahummarhamni bilquran. Waj’alhu lii imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allahumma dzakkirni minhu maa nasiitu wa ‘allimnii minhu maa jahiltu warzuqnii tilawatahu aana-allaili wa’atrofannahaar waj’alhu li hujatan ya rabbal ‘alamin.

Artinya: “Ya Allah, rahmatilah aku dengan Alquran. Jadikanlah ia sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku. Ya Allah, ingatkanlah aku atas apa yang terlupakan darinya. Ajarilah aku atas apa yang belum tahu darinya. Berikanlah aku kemampuan membacanya sepanjang malam dan ujung siang. Jadikanlah ia sebagai pembelaku, wahai Tuhan semesta alam.”

Tadarus atau membaca Alquran di bulan suci Ramadhan memang memiliki banyak keutamaan, salah satunya memberi syafaat di akhirat. Hal ini sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, "Puasa dan Alquran akan memberi syafaat (pertolongan) kepada seorang hamba di hari kiamat."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement