Senin 10 Apr 2023 07:59 WIB

Doa Dijauhkan dari Iri Dengki, Sifat Tercela yang Bisa Picu Masuk Neraka     

Muslim dianjurkan berdoa agar dijauhkan dari iri dengki

Rep: Andrian Saputra, Fuji Eka Permana   / Red: Nashih Nashrullah
Berdoa (Ilustrasi). Muslim dianjurkan berdoa agar dijauhkan dari iri dengki
Foto: Republika/Wihdan
Berdoa (Ilustrasi). Muslim dianjurkan berdoa agar dijauhkan dari iri dengki

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Sifat dengki merupakan salah satu penyakit hati yang sangat tercela. Orang yang memiliki sifat dengki tidak senang ketika melihat teman, kerabat, atau tetangganya mendapatkan kebahagiaan atau kesuksesan. 

 

Baca Juga

Mereka ingin kenikmatan yang dimiliki orang lain itu berpindah kepada dirinya. Sering kali rasa dengki lahir karena merasa dirinya lebih mulia dibandingkan orang lain.  

 

 

Rasa dengki dan dendam adalah sumber segala kejahatan dan maksiat yang mendorong orang berbuat kebinasaan, kezaliman, dan menumpahkan darah di muka bumi. 

 

Hal ini karena itu ada sebuah doa agar terhindar dari memiliki sifat dengki. Doa ini terdapat pada Alquran surat Al Hasyr ayat 10. Berikut doanya: 

 

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِاِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِالْاِيْمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِنَا غِلًّا لِّلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا رَبَّنَآ اِنَّكَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ

 

“Robbanaaghfir lanaa waliikhwaaninaaladzina sabaquunaa biliymani wa laa taj'al fiy quluubinaa ghillalilladziyna aamanuu robbanaa innnaka rouufurrohiiym.”  

 

Ya Tuhan kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau tanamkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, Sungguh, Engkau Mahapenyantun, Mahapenyayang.” 

Bahaya dengki

 

Abu Hamid Muhammad ibn Muhammad al-Ghazali yang dikenal sebagai Imam Al-Ghazali dalam Kitab Minhaj al-Abidin menjelaskan bahwa para ulama saja tidak selamat dari serangan penyakit iri hati atau hasad. Terlebih orang awam dan bodoh, penyakit iri hati atau hasad ini membinasakan mereka dan memasukkan mereka ke dalam neraka.

Baca juga: 6 Fakta Seputar Saddam Hussein yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Anti Israel  

 

Imam Al-Ghazali menerangkan, iri hati atau hasad adalah perbuatan buruk yang merusak amal baik seorang hamba. Sifat iri hati atau hasad juga mendorong seorang hamba pada perbuatan dosa yang lebih besar.

 

Sifat iri hati atau hasad merupakan penyakit berat. Para ahli membaca Alquran dan para ulama mendapat ujian berat dari sifat iri hati atau hasad. 

 

Terlebih kalangan orang awam dan orang-orang yang bodoh. Penyakit iri hati atau hasad ini membinasakan mereka dan memasukkan mereka ke dalam neraka. Nabi Muhammad SAW bersabda:  

 

سِتَّةٌ يَدْخُلُونَ اَلنَّارَ قَبْلَ اَلْحِسَابِ بِسِتَّةٍ اَلْعَرَبُ بِالْعَصَبِيَّةِ وَ اَلْأُمَرَاءُ بِالْجَوْرِ وَ اَلدَّهَاقِينُ بِالْكِبْرِ وَوَ اَلتُّجَّارُ بِالْخِيَانَةِ وَ أَهْلُ اَلرُّسْتَاقِ بِالْجَهْلِ وَ اَلْعُلَمَاءُ بِالْحَسَدِ

 

"Enam golongan yang masuk neraka sebelum masa perhitungan (hisab) karena enam perkara (yaitu) pertama, orang-orang Arab karena sikap ashabiyah (fanatisme kesukuan mereka). Kedua, penguasa karena kezalimannya. Ketiga, peran tuan tanah dan pejabat karena kesombongan mereka. Keempat, para pedagang karena sifat khianat mereka. Kelima, orang dusun karena kebodohannya. Keenam, ulama karena sifat dengki (iri hati) yang ada pada diri mereka."  

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement