Senin 03 Apr 2023 18:42 WIB

Doa Dengar Suara Ayam Berkokok, Ringkikan Keledai, dan Lolongan Anjing Beserta Hikmahnya

Rasulullah SAW mengajarkan doa jika mendengar suara hewan tertentu

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Berdoa (Ilustrasi). Rasulullah SAW mengajarkan doa jika mendengar suara hewan tertentu
Foto: Republika/Wihdan
Berdoa (Ilustrasi). Rasulullah SAW mengajarkan doa jika mendengar suara hewan tertentu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Terdapat anjuran berdoa yang dapat diucapkan ketika mendengar suara ayam berkokok. Berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, suara ayam berkokok itu menandakan bahwa ayam tersebut melihat malaikat.

Sebaliknya, jika mendengar suara ringkikan keledai, maka berarti keledai tersebut melihat setan sehingga seorang Muslim yang mendengarnya dianjurkan meminta perlindungan kepada Allah SWT dengan berucap ta'awwudz. Dikutip dari Al-Adzkaar karya Imam An-Nawawi, Nabi Muhammad SAW bersabda: 

Baca Juga

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا سَمِعْتُمْ صِيَاحَ الدِّيَكَةِ فَاسْأَلُوا اللَّهَ مِنْ فَضْلِهِ فَإِنَّهَا رَأَتْ مَلَكًا وَإِذَا سَمِعْتُمْ نَهِيقَ الْحِمَارِ فَتَعَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنْ الشَّيْطَانِ فَإِنَّهُ رَأَى شَيْطَاانًا

Dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Jika kalian mendengar suara kokok ayam mohonlah kepada Allah karunia-Nya karena saat itu ayam itu sedang melihat malaikat dan bila kalian mendengar ringkik suara keledai mohonlah perlindungan kepada Allah karena saat itu keledai itu sedang melihat setan." 

Adapun doa saat mendengar suara ayam jantan berkokok, sebagai berikut:

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ 

Latin:

Laa ilaaha illallaah. Allahumma innii as'aluka min fadhlika.

Terjemahan:

"Tiada tuhan yang disembah selain Allah. Hai Tuhanku, aku meminta kepada-Mu sebagian dari kemurahan-Mu."

Dalam hadits lain dari Jabir bin Abdullah RA, dia berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

إِذَا سَمِعْتُمْ نُبَاحَ الْكِلَابِ، وَنُهَاقَ الْحَمِيرِ مِنَ اللَّيْلِ، فَتَعَوَّذُوا بِاللَّهِ، فَإِنَّهَا تَرَى مَا لَا تَرَوْنَ

"Jika kalian mendengar lolongan anjing dan ringkikan keledai di malam hari, mintalah perlindungan kepada Allah, karena mereka dapat melihat apa yang tidak kalian lihat." (HR Abu Dawud)

Ayat anjuran berdoa 

Sementara itu, Ahmad bin Abdullah Isa dalam buku Ensiklopedia Doa dan Wirid Shahih Berdasarkan Alquran dan Hadist yang diterbitkan Pustaka Elba, 2006, menjelaskan beberapa ayat terkait berdoa yaitu sebagai berikut: 

Pertama, 

ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ

"Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. (QS Al A'raf ayat 55)

Kedua, 

أَمَّنْ يُجِيبُ الْمُضْطَرَّ إِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ السُّوءَ وَيَجْعَلُكُمْ خُلَفَاءءَ الْأَرْضِ ۗ أَإِلَٰهٌ مَعَ اللَّهِ ۚ قَلِيلًا مَا تَذَكَّرُونَ

"Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati(Nya)." (QS An Naml ayat 62)

Baca juga: Pujian Rakyat Negara Arab untuk Indonesia Terkait Piala Dunia U-20, Terhormat!

Ketiga, 

فَادْعُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ

"Maka sembahlah (berdoalah kepada) Allah dengan memurnikan ibadah kepada-Nya, meskipun orang-orang kafir tidak menyukai(nya). (QS Al-Mu’min/ Ghaafir ayat 14)

Keempat, 

قُلِ ادْعُوا اللَّهَ أَوِ ادْعُوا الرَّحْمَٰنَ ۖ أَيًّا مَا تَدْعُوا فَلَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ ۚ وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتْ ببِهَا وَابْتَغِ بَيْنَ ذَٰلِكَ سَبِيلًا

Katakanlah, "Serulah (berdoalah kepada) Allah atau serulah (berdoalah kepada) Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu." (QS Al Isra ayat 110)

Kelima, 

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

"Dan Tuhanmu berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina." (QS Al Mu’min/ Al Ghaafir ayat 60)    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement