Senin 03 Apr 2023 17:52 WIB

Doa Bepergian, Cocok Dibaca Sebelum Mudik Lebaran

Setiap Muslim dianjurkan banyak membaca doa dalam berbagai kesempatan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi Muslim berdoa.
Foto: Antara/Rizal Hanafi
Ilustrasi Muslim berdoa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika hendak pindah atau pergi dari satu tempat ke tempat lain dianjurkan terlebih dulu membaca doa. Ada beragam doa sebagaimana diajarkan Rasulullah SAW dan para ulama. Namun demikian satu di antaranya adalah doa yang terdapat pada ayat ke-80 surat Al Isra. Berikut doanya: 

رَّبِّ اَدْخِلْنِيْ مُدْخَلَ صِدْقٍ وَّاَخْرِجْنِيْ مُخْرَجَ صِدْقٍ وَّاجْعَلْ لِّيْ مِنْ لَّدُنْكَ سُلْطٰنًا نَّصِيْرًا

Baca Juga

Robbi adkhilni mudkhola shidqiw wa akhrijniy mukhrkja sidqiw waj'alliy miladunka sulthoonanashiro.

Ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluarkan (pula) aku ke tempat keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang dapat menolong(ku).

 

Dalam hadits riwayat Tirmidzi yang diriwayatkan melalui jalur Ibnu Abbas dijelaskan bahwa ketika nabi Muhammad SAW berada di Makka, Allah SWT memerintahkan nabi Muhammad untuk hijrah ke Madinah. Maka turunlah  ayat 80 surat Al Isra yang berisi doa tersebut. Allah memerintahkan nabi Muhammad SAW memanjatkan doa itu. 

Maka nabi bersama para sahabat pub memasuki kota Madinah dengan sambutan baik dari kaum Ansor. Selain itu nabi Muhammad SAW pada peristiwa penaklukan kota Makkah pun nabi memasuki kota Makkah dengan damai dan cinta kasih yang dirasakan oleh setiap penduduk Makkah.  

Doa ini juga dapat dibaca bagi para pemudik yang hendak meninggalkan rumahnya dan pergi ke kampung halaman atau tempat lainnya. Sehingga Allah SWT memberikan keselamatan, keberkahan, dan keridhoanNya baik saat keluar atau pergi dari tempat yang lama dan saat berada di tempat yang baru. 

Dalam skala lebih luasnya, doa ini bertujuan agar Allah SWT senantiasa memberikan kebaikan ketika kita melangkahkan kaki keluar dari tempat tinggal sehingga keluarnya kita menjadi baik dan diberikan petunjuk menuju tempat yang baik-baik. Seperti menuju masjid, menuju majelis taklim dan lainnya. Selain itu agar ketika kita masuk dalam kubur, maka mendapatkan kebaikan dan kenikmatan alam kubur dan terhindar dari azab kubur. Serta saat dibangkitkan atau dikeluarkan dari kubur pada hari kiamat maka dikeluarkan dalam keadaan yang baik bersama umat Rasulullah lainnya yang selamat. Aamiin Allahuma aamiin

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement