Jumat 31 Mar 2023 12:36 WIB

Bacaan Doa yang Dianjurkan Dibaca pada Hari Jumat

Terdapat tiga waktu di hari Jumat yang termasuk waktu mustajab untuk berdoa.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Berdoa. Ilustrasi. Bacaan Doa yang Dianjurkan Dibaca di Hari Jumat
Foto: Antara
Berdoa. Ilustrasi. Bacaan Doa yang Dianjurkan Dibaca di Hari Jumat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Allah SWT menjadikan Jumat sebagai hari besar bagi umat Islam dibandingkan hari-hari lainnya. Di hari ini, ada beberapa keutamaan yang bisa diraih oleh umat Muslim.

Dari 24 jam yang ada, terdapat tiga waktu di hari Jumat yang termasuk waktu mustajab untuk berdoa. Waktu pertama adalah setelah sholat Ashar hingga terbenamnya matahari.

Baca Juga

Dari Anas bin Malik RA dari Nabi Muhammad SAW bahwa beliau bersabda, "Carilah oleh kalian waktu-waktu yang mustajab pada Jumat setelah Ashar sampai tenggelamnya matahari."

Selanjutnya, waktu mustajab itu ada pada sejak dimulainya sholat Jumat hingga selesai. Ziyad bin Ayyub Al Baghdadi telah menceritakan kepada kami Abu 'Amir Al Aqadi telah menceritakan kepada kami Katsir bin Abdullah bin Amr bin 'Auf Al Muzani dari ayahnya dari kakeknya dari Nabi SAW beliau bersabda, "Sesungguhnya pada hari Jumat ada waktu yang tidaklah seorang hamba memohon sesuatu kepada Allah pada hari itu kecuali Allah pasti akan mengabulkannya."

Para sahabat bertanya, wahai Rasulullah jam berapakah itu? Beliau menjawab: "Sejak ditegakkannya sholat Jumat sampai selesai."

(Perawi) berkata, "Dalam bab ini (ada juga riwayat, pent) dari Abu Musa, Abu Dzar, Salman, Abdullah bin Salam, Abu Lubabah, Sa'ad bin 'Ubadah dan Abu Umamah." Abu Isa berkata, hadis Amru bin 'Auf adalah hadits hasan gharib. (HR Tirdmizi: 452).

Terakhir, waktu mustajab itu ada sejak matahari terbit. Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Musa Al Anshari telah menceritakan kepada kami Ma'an telah menceritakan kepada kami Malik bin Anas dari Yazid bin Abdullah bin Hadi dari Muhammad bin Ibrahim dari Abu Salamah dari Abu Hurairah dia berkata, Rasulullah SAW bersabda:

"Sebaik-baik hari setelah terbitnya matahari adalah hari Jumat, pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu dia dimasukkan ke dalam surga, pada hari itu juga dia dikeluarkan dari surga, dan tidaklah seorang Muslim yang sholat dan memohon sesuatu kepada Allah bertepatan pada waktu itu, melainkan Allah akan mengijabahinya" (HR Tirdmizi 453).

Salah satu doa yang bisa dibaca di hari Jumat ini adalah doa sayyidul istighfar, yang dianjurkan dibaca pada Jumat Subuh atau petang.

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّى ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ ، خَلَقْتَنِى وَأَنَا عَبْدُكَ ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ ، أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَىَّ وَأَبُوءُ بِذَنْبِى ، اغْفِرْ لِى ، فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

"Allahumma anta rabbi, la ilaha illa anta khalaqtani. Wa ana ‘abduka, wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa‘dika mastatha‘tu. A‘udzu bika min syarri ma shana‘tu. Abu’u laka bini‘matika ‘alayya. Wa abu’u bidzanbi. Faghfirli. Fa innahu la yaghfirudz dzunuba illa anta".

Artinya: Ya Allah Engkau Tuhanku, tidak ada tuhan selain Engkau, Engkaulah yang menjadikan aku, dan aku adalah hamba-Mu, aku akan selalu menepati janji-Mu sekemampuan-Ku, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang aku perbuat.

Aku kembali kepada-Mu dengan nikmat yang telah Engkau berikan. Aku kembali kepada-Mu dengan dosa, maka mapunilah aku, sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau."

Bagi siapa pun yang mengamalkan doa ini lalu pada hari itu ia ditakdirkan meninggal dunia, maka disebut ia akan mendapatkan pahala surga dari Allah SWT.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement