Sabtu 25 Mar 2023 12:52 WIB

Bacaan Sujud Tilawah dan Tata Caranya

Di dalam Alquran ada 15 ayat sajadah yang tersebar di beberapa surat.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi sholat / sujud. Bacaan Sujud Tilawah dan Tata Caranya
Foto: Dok Republika
Ilustrasi sholat / sujud. Bacaan Sujud Tilawah dan Tata Caranya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sujud tilawah adalah sujud yang dilakukan ketika membaca atau mendengar ayat-ayat sajadah. Pada saat mendengar atau membaca ayat sajadah, seorang muslim di sunnahkan melakukan sujud tilawah.

 

Baca Juga

Sebuah hadits menyebutkan ketika Muslim mengerjakan sujud tilawah, maka syaitan akan menjauh karena takut. Rasulullah SAW bersabda:

 

 

“Ketika anak Adam membaca ayat As-Sajdah lalu ia bersujud, maka setan akan menjauhinya dan menangis. Syaitan pun berkata, “Celaka aku, anak Adam diperintah untuk bersujud dan ia pun bersujud, maka baginya surga. Sedangkan aku telah diperintah untuk bersujud namun aku menolak maka bagiku neraka." (HR. Muslim).

 

Dikutip dari buku Panduan Sholat untuk Perempuan karya Nurul Jazimah menyebutkan bagaimana tata cara bagi Muslim untuk melakukan sujud tilawah. Tata caranya, yaitu dengan bertakbir terlebih dahulu baru bersujud, tidak disertai dengan duduk tasyahhud maupun salam. 

 

Abdullah ibn 'Amr mengatakan, “Rasulullah SAW membaca Alquran kepada kami. Apabila bacaan beliau sampai pada ayat sajadah, maka beliau bertakbir, lalu sujud." (H.R. Muslim)

 

Adapun doa atau bacaan pada saat melakukan sujud tilawah adalah:

 

سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ تَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ

 

Sajada wajhi lilladzii khalaqahu wa shawwarahu wa syaqqa sam'ahu wa basharahu bi hawlihi wa quwwatihi ta tabarakallâhu ahsanul khaliqiin.

 

Artinya: “Wajahku bersujud kepada Allah SWT, yaitu Zat yang menciptakan, yang membuka pendengaran serta penglihatan-Nya dengan daya dan kekuatan-Nya. Mahamulia Allah dan sebaik-baik Zat Yang Maha Mencipta.”

 

Apabila seorang muslimah membaca ayat-ayat sajadah pada saat melaksanakan sholat, atau mendengarkan imam membaca ayat-ayat sajadah ketika sholat berjamaah, maka segera bersujud untuk melakukan sujud tilawah, kemudian bila telah selesai, kembali berdiri seperti semula dan melaksanakan rangkaian sholat sebagaimana mestinya.

 

Adapun ayat-ayat sajadah di dalam Alquran ada 15 ayat yang tersebar dalam beberapa surat, yaitu:

1. Q.S.: Al-A'raf, 206

2. Q.S.: Ar-Rad, 15

3. Q.S.: An-Nahl, 50

4. Q.S.: Al-lsra, 109

5. Q.S.: Maryam, 58

6. Q.S.: Al-Haj, 18

7. Q.S.: A-Haj, 77

8. Q.S.: A-Furqan, 60

9. Q.S.: An-Naml, 26

10. Q.S.: As-Sajadah, 15

11. Q.S.: Shad, 24

12. Q.S.: Fushshilat, 38

13. Q.S.: An-Najm, 62

14. Q.s.: Al-Insyiqaq, 21

15. Q.S.: Al-Alaq, 19

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement