Selasa 07 Mar 2023 17:21 WIB

Doa Malam Nisfu Syaban dan Tata Cara Amalan yang Dilakukan Seusai Maghrib

Doa malam Nisfu Syaban turut menyempurnakan keutamaan malam ini

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Umat muslim membaca surah Yasin di malam nisfu Syaban (ilustrasi). Doa malam Nisfu Syaban turut menyempurnakan keutamaan malam ini
Foto: ANTARA/Suwandy
Umat muslim membaca surah Yasin di malam nisfu Syaban (ilustrasi). Doa malam Nisfu Syaban turut menyempurnakan keutamaan malam ini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Ada banyak amalan yang bisa dilakukan pada malam Nisfu Syaban. Pada 2023 ini, malam Nisfu Syaban bertepatan dengan Selasa (7/3/2023). Apa saja? 

Ketua Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU), KH Abdullah Syamsul Arifin atau Gus Aab, menjelaskan di setiap Nisfu Syaban, menurut Gus Aab, umat Islam juga dianjurkan untuk melakukan puasa sunnah, yang mana pada tahun ini jatuh pada Rabu, 8 Maret 2023. Namun, setelah 15 Syaban itu, umat Islam dilarang untuk melakukan puasa sunnah lagi.  

Baca Juga

Sedangkan pada malam Nisfu Syaban, menurut Gus Aab, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah seperti melaksanakan sholat sunnah.

“Hal yang dilakukan adalah memperbanyak ibadah, di antaranya kita memperbanyak sholat sunnah. Tapi itu tidak dikhususkan untuk sholat Nifsu Syaban karena tidak ada ajaran seperti itu. Jadi tidak dikhususkan, tapi sholat sunnah biasa,” kata Gus Aab.

Kemudian setelah melaksanakan sholat Maghrib berjamaah juga dianjurkan untuk membaca surat Yasin sebanyak tiga kali disertai doa. 

Bacaan Yasin pertama diniatkan agar panjang umur dalam kondisi taat dan patuh pada Allah SWT. Yasin kedua diniatkan untuk tolak bala dalam seumur hidup. Sedangkan bacaan Yasin yang ketiga diniatkan agar diberi kekayaan dan kecukupan selama hidup.

“Nah, ini tiga-tiganya ada kiatannya karena memang pada malam itu ditentukan,” jelas Gus Aab.  

Sedangkan salah satu doa yang dibaca pada malam Nisfu Syaban adalah sebagai berikut:

 اللّٰهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالإِكْرَامِ يَا ذَا الطَوْلِ وَالإِنْعَامِ لَا إِلٰهَ إِللَّا أَنْتَ ظَهْرَ اللَّاجِيْنَ وَجَارَ المُسْتَجِيْرِيْنَ وَمَأْمَنَ الخَائِفِيْنَ اللّٰهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِيْ عِنْدَكَ فِيْ أُمِّ الكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُومًا أَوْ مَطْرُوْدًا أو مُقَتَّرًا عَلَيَّ فِي الرِززْقِ، فَامْحُ اللّٰهُمَّ بِفَضْلِكَ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَطَرْدِيْ وَاقْتِتَارَ رِزْقِيْ، وَأَثْبِتْنِيْ عِنْدَكَ فِي أُمِّ الكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ فِيْ كِتَابِكَ المُنَزَّلِ عَلَى نَبِيِّكَ المُرْسَلِ: “يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الكِتَابِ” إِلَهِيْ بِالتَّجَلِّيِ الأَعْظَمِ، فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ المُكَرَّمِ، الَّتِي يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ أَمْرٍ حَكِيْمٍ وَيُبْرَمُ، اِصْرِفْ عَنِّيْ مِنَ البَلَاءِ مَا أَعْلَمُ وَمَا لَا أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلَّامُ الغُيُوْبِ، بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمـَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allâhumma yâ dzal manni wa lâ yumannu ‘alaik, yâ dzal jalâli wal ikrâm, yâ dzat thawli wal in‘âm, lâ ilâha illâ anta zhahral lâjîn wa jâral mustajîrîn wa ma’manal khâ’ifîn. 

Allâhumma in kunta katabtanî ‘indaka fî ummil kitâbi syaqiyyan aw mahrûman aw muqtarran ‘alayya fir rizqi, famhullâhumma fî ummil kitâbi syaqâwatî wa hirmânî waqtitâra rizqî, waktubnî ‘indaka sa‘îdan marzûqan muwaffaqan lil khairât. 

Fa innaka qulta wa qawlukal haqqu fî kitâbikal munzal ‘alâ lisâni nabiyyikal mursal, “yamhullâhu mâ yasyâ’u wa yutsbitu, wa ‘indahû ummul kitâb” wa shallallâhu ‘alâ sayyidinâ muhammad wa alâ âlihî wa shahbihî wa sallama, walhamdu lillâhi rabbil ‘alamîn.

Artinya: "Wahai Tuhanku yang maha pemberi, engkau tidak diberi. Wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan. Wahai Tuhan pemberi segala kekayaan dan segala nikmat. Tiada tuhan selain Engkau, kekuatan orang-orang yang meminta pertolongan, lindungan orang-orang yang mencari perlindungan, dan tempat aman orang-orang yang takut. 

Baca juga: Perang Mahadahsyat akan Terjadi Jelang Turunnya Nabi Isa Pertanda Kiamat Besar?

Tuhanku, jika Kau mencatatku di sisi-Mu pada Lauh Mahfuzh sebagai orang celaka, sial, atau orang yang sempit rezeki, maka hapuskanlah di Lauh Mahfuzh kecelakaan, kesialan, dan kesempitan rezekiku. 

Catatlah aku di sisi-Mu sebagai orang yang mujur, murah rezeki, dan taufiq untuk berbuat kebaikan karena Engkau telah berkata–sementara perkataan-Mu adalah benar–di kitabmu yang diturunkan melalui ucapan Rasul utusan-Mu, ‘Allah menghapus dan menetapkan apa yang Dia kehendaki. Di sisi-Nya Lauh Mahfuzh.’

Semoga Allah memberikan shalawat kepada Sayyidina Muhammad SAW dan keluarga beserta para sahabatnya. Segala puji bagi Allah SWT."   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement