Jumat 03 Mar 2023 07:31 WIB

Empat Cara Agar Didoakan Malaikat

Malaikat mendoakan orang yang menjenguk orang sakit.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Empat Cara Agar Didoakan Malaikat. Foto: cahaya (ilustrasi).
Foto: Blogspot
Empat Cara Agar Didoakan Malaikat. Foto: cahaya (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Beberapa perbuatan baik yang dilakukan seorang muslim, dapat membuat malaikat mendoakannya. Untuk itu, berbahagialah bagi mereka yang pernah merasakan hal ini.

Melalui pesan Telegram, Pengasuh pesantren Tunas Ilmu Purbalingga sekaligus dosen Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyyah Imam Syafi'i Jember, Ustaz Abdullah Zaen Lc.,MA, mengungkapkan, bagi Anda yang belum pernah merasakan didoakan malaikat, berikut ini beberapa trik untuk mendapatkannya, insyaAllah:

Baca Juga

1. Gemar menuntut ilmu agama

Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam bersabda,

وَإِنَّ الْمَلَائِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا رِضَاءً لِطَالِبِ الْعِلْمِ وَإِنَّ الْعَالِمَ لَيَسْتَغْفِرُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ حَتَّى الْحِيتَانُ فِي الْمَاءِ

“Sesungguhnya para malaikat meletakkan sayap mereka sebagai bentuk keridhaan terhadap para penuntut ilmu. Dan sesungguhnya orang yang berilmu itu dimohonkan ampun oleh penghuni langit dan bumi hingga ikan di air”. HR. Abu Dawud dari Abu Darda’ radhiyallahu’anhu dan dinilai sahih oleh Ibn Hibban.

2. Menjenguk orang sakit

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَعُودُ مُسْلِمًا غُدْوَةً إِلَّا صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُونَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ. وَإِنْ عَادَهُ عَشِيَّةً إِلَّا صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُونَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ وَكَانَ لَهُ خَرِيفٌ فِي الْجَنَّةِ

“Tidaklah seorang muslim menjenguk saudaranya sesama muslim di suatu pagi melainkan tujuh puluh ribu malaikat akan mendoakannya hingga sore hari. Jika ia menjenguknya di sore hari maka tujuh puluh ribu malaikat akan mendoakannya hingga pagi, dan dia akan mendapatkan buah-buahan di surga”. HR. Tirmidzy dari Abu Musa al-Asy’ary radhiyallahu’anhu dan dinyatakan sahih oleh al-Hakim.

3. Rajin berinfak

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا: \"اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا\" وَيَقُولُ الْآخَرُ: \"اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا\"

“Tidaklah setiap para hamba menjumpai pagi hari melainkan ada dua malaikat yang turun. Salah satunya berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti untuk orang yang berinfak”. Yang kedua berdoa, “Ya Allah timpakanlah kebinasaan bagi orang yang enggan”. HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu.

4. Mendoakan orang lain tanpa sepengetahuannya

مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يَدْعُو لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ: \"وَلَكَ بِمِثْلٍ\"

“Tidaklah seorang muslim mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuannya melainkan malaikat akan berkata, “Dan untukmu juga”. HR. Muslim dari Abu Darda’ radhiyallahu’anhu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement