Jumat 17 Feb 2023 05:55 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Ridha Saat Ketentuan Itu Tiba

Pentingnya menjaga stabilitas iman dalam hati.

Ilustrasi Kedamaian. Naskah Khutbah Jumat: Ridha Saat Ketentuan Itu Tiba
Foto:

Sebagaimana dalam sebuah hadits dari Shuhaib, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

“Sungguh menakjubkan keadaan seorang mukmin. Seluruhnya urusannya itu baik. Ini tidaklah didapati kecuali pada seorang mukmin. Jika mendapatkan kesenangan, maka ia bersyukur. Itu baik baginya. Jika mendapatkan kesusahan, maka ia bersabar. Itu pun baik baginya.” (HR. Muslim, no. 2999)

Itulah ketakjuban yang melekat pada diri seorang mukmin. Seluruh kebaikan yang dominan ia merasakannya sudah seharusnya ia mensyukurinya. Sebaliknya kekurangan, sesuatu yang tidak mengenakkan dalam hati, rasa gundah, khawatir dan takut yang hanya sesaat, momen tertentu saja dibandingkan dengan perasaan yang dominan perasaan kebahagiaan yang dialaminya.

Itu sebagai perasaan berimbang proporsional yang diturunkan dari Allah dan sengaja menjadi semangat dan spirit dalam menjalani kehidupan. Allah hendak menilai sejauh mana nilai kesyukuran dan kesabaran yang diupayakan oleh hambaNya. Karena sangat jelas, kedua macam perasaan yang selalu mewarnai kehidupan seseorang itu selalu bertolak belakang dan pasti terus ada lalu menyelinap bahkan ndompleng dalam hati kita sampai kematiannya tiba.

Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إنَّ اللهَ – عَزَّ وَجَلَّ – يَقُولُ لأَهْلِ الجَنَّةِ : يَا أهْلَ الجَنَّةِ ، فَيقولُونَ : لَبَّيكَ رَبَّنَا وَسَعْدَيْكَ ، فَيقُولُ : هَلْ رَضِيتُم ؟ فَيقُولُونَ : وَمَا لَنَا لاَ نَرْضَى يَا رَبَّنَا وَقَدْ أَعْطَيْتَنَا مَا لَمْ تُعْطِ أحداً مِنْ خَلْقِكَ ، فَيقُولُ : ألاَ أُعْطِيكُمْ أفْضَلَ مِنْ ذلِكَ ؟ فَيقُولُونَ : وَأيُّ شَيءٍ أفْضَلُ مِنْ ذلِكَ ؟ فَيقُولُ : أُحِلُّ عَلَيكُمْ رِضْوَانِي فَلاَ أَسْخَطُ عَلَيْكُمْ بَعْدَهُ أبَداً

“Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla berkata kepada penghuni surga, “Wahai penghuni surga.” Mereka berkata, “Kami memenuhi panggilan-Mu, kami mentaati-Mu.” Allah berfirman, “Apakah kalian ridha (puas)?” Mereka menjawab, “Kenapa kami tidak ridha (puas) sementara Engkau telah memberikan kepada kami apa yang tidak Engkau berikan kepada seorang pun dari ciptaan-Mu.” Maka Allah berfirman, “Maukah Aku berikan kepada kalian yang lebih baik dari ini?” Mereka berkata, “Adakah yang lebih baik dari ini?” Allah berfirman, “Aku telah menurunkan kepada kalian keridhaan-Ku, maka Aku tidak akan marah kepada kalian setelah ini selama-lamanya.” (HR. Bukhari, no. 6549, 7518 dan Muslim, no. 2829)

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2023/02/16/ridha-saat-ketentuan-itu-tiba/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement