Isra Miraj Terangkum dalam Ayat-Ayat dari 2 Surat Alquran yang Berbeda Berikut Ini

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Nashih Nashrullah

 Kamis 09 Feb 2023 13:43 WIB

Alquran (ilustrasi). Isra Miraj merupakan salah satu peristiwa agung yang diabadikan dalam Alquran Foto: ANTARA Alquran (ilustrasi). Isra Miraj merupakan salah satu peristiwa agung yang diabadikan dalam Alquran

Isra Miraj merupakan salah satu peristiwa agung yang diabadikan dalam Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, Isra Miraj merupakan salah satu peristiwa bersejarah yang terjadi pada Rajab, menurut sejumlah riwayat. Peristiwa ini menjadi tonggak dari risalah Islam yang diemban Rasulullah Muhammad SAW. 

Dalam Alquran setidaknya ada dua surat yang membahas mengenai Isra Miraj yaitu pertama, Surat Al Isra ayat 1: 

Baca Juga

 سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

“Mahasuci (Allah) yang telah memperjalankan hamba-Nya (Nabi Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidilaqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Mahamendengar lagi Mahamelihat.”  

Kandungan ayat tersebut menurut tafsir Ibnu Katsir disebutkan bahwa hamba yang melakukan perjalanan adalah Nabi Muhammad SAW di dalam kegelapan malam hari. 

Yang tempatnya berada di Makkah Yakni Baitul Maqdis yang terletak di Elia (Yerussalem), tempat asal para nabi (terdahulu) sejak Nabi Ibrahim 'alaihissalam Karena itulah semua nabi dikumpulkan di Masjid Al Aqsa pada malam itu, lalu Nabi SAW mengimami mereka di tempat mereka.  

Baca juga: 4 Sosok Wanita yang Bisa Mengantarkan Seorang Mukmin ke Surga, Siapa Saja?  

Hal ini menunjukkan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah imam terbesar dan pemimpin yang didahulukan. Semoga shalawat dan salam Allah SWT terlimpahkan kepada mereka semuanya. Yakni tanam-tanamannya dan hasil buah-buahannya. 

Maksudnya, Kami perlihatkan kepada Muhammad  SAW sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Kami yang besar-besar. Allah Mahamendengar semua ucapan hamba-hamba-Nya, yang mukmin maupun yang kafir yang membenarkan maupun yang mendustakan di antara mereka. 

Dan Dia Mahamelihat semua perbuatan mereka: Maka kelak Dia akan memberikan kepada masing-masing dari mereka balasan yang berhak mereka terima di dunia dan di akhirat. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Berita Lainnya