Jumat 03 Feb 2023 05:55 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Mulianya Muslim yang Berilmu

Islam adalah agama yang memuliakan orang berilmu.

Warga membaca buku di Perpustakaan Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/1/2033). Perpustakaan yang memiliki koleksi 60.000 eksemplar buku dengan 35.000 judul tersebut diharapkan dapat meningkatkan literasi dan minat baca warga. Naskah Khutbah Jumat: Mulianya Muslim yang Berilmu
Foto:

Saudaraku, kaum muslimin yang berbahagia

Sebagai kader dan aktivis persyarikatan, Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah (PHIWM) telah memberikan panduan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagaimana poin-poin berikut ini. Pertama, setiap warga Muhammadiyah wajib untuk menguasai dan memiliki keunggulan dalam kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai sarana kehidupan yang penting untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

Kedua, setiap warga Muhammadiyah harus memiliki sifat-sifat ilmuwan, yaitu kritis, terbuka menerima kebenaran dari mana pun datangnya, serta senantiasa menggunakan daya nalar. Ketiga, kemampuan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan iman dan amal saleh yang menunjukkan derajat kaum muslimin dan membentuk pribadi ulul-albab.

Keempat, setiap warga Muhammadiyah dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki mempunyai kewajiban mengajarkannya kepada masyarakat luas, memberikan peringatan, memanfaatkan untuk kemaslahatan, dan mencerahkan kehidupan sebagai wujud ibadah, jihad, dan dakwah. Dan, kelima, menggairahkan dan menggembirakan gerakan mencari ilmu pengetahuan dan penguasaan teknologi, baik melalui pendidikan maupun kegiatan di lingkungan keluarga serta masyarakat luas sebagai sarana membangun peradaban Islam.

Dalam kegiatan ini, termasuk menyemarakkan tradisi membaca di seluruh lingkungan warga Muhammadiyah.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِيْ الْقُرْأَنِ الْكَرِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْأَيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمِ، وَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.

 

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2023/02/02/muslim-yang-berilmu/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement