Senin 30 Jan 2023 06:00 WIB

Selain Membuka Rezeki, Sholat Dhuha Punya Keutamaan Lainnya

Salah satu keutamaan sholat dhuha adalah membuka pintu rezeki.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Selain Membuka Rezeki, Sholat Dhuha Punya Keutamaan Lainnya. Foto: Sholat di Masjid Istiqlal (ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Selain Membuka Rezeki, Sholat Dhuha Punya Keutamaan Lainnya. Foto: Sholat di Masjid Istiqlal (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketika beberapa saat setelah matahari terbit, tibalah waktu yang disebut sebagai waktu dhuha. Waktu dhuha ini sangat panjang karena berakhir hingga beberapa saat sebelum waktu sholat zhuhur tiba, dari sekian wasiat Nabi, beliau memasukkan poin pentingnya soal sholat dhuha.

Dalam buku Bolehkah Sholat Dhuha Berjamaah? Karya Muhammad Saiyid Mahadhir dijelaskan, Nabi Muhammad SAW sering mengerjakan sholat dhuha. Bahkan Nabi mewasiatkan kepada umat Muslim untuk mengerjakan sholat dhuha.

Baca Juga

Dalam sebuah hadis diterangkan: “An Abi Hurairata qala: awshani khalili bi tsalatsin: shiyamu tsalatsati ayyamin min kulli syahrin wa rak’ataini ad-dhuha wa an utira qabla an arquda,”. Yang artinya: “Dari Abu Hurairah, ia berkata: Rasulullah SAW berwasiat kepadaku untuk mengerjakan tiga hal; (yakni) puasa tiga hari setiap bulan, dua rakaat shalat dhuha, dan shalat witir sebelum tidur,”. Hadits ini merupakan hadits shahih yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan Imam Bukhari (muttafaqun alaihi).

Apa yang diwasiatkan kepada Abu Hurairah, sudah tentu juga berlaku sebagai wasiat kepada seluruh umat Islam. Umumnya umat Muslim mengenal bahwa sholat dhuha ini adalah sebagai jalan pembuka rezeki. Tidak ada yang salah dengan makna tersebut, namun dijelaskan sebaiknya harapan umat Islam harus lebih jauh dari itu saja.

 

Yaitu jika seseorang memperbanyak shalat dhuha, maka diharapkan sholatnya itu dapat menjadi jalan baginya untuk masuk surga bersama Rasulullah SAW. Di dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim ketika Nabi ditanya oleh Rabiah bin Ka’ab Al-Aslami mengenai bagaimana caranya dapat bersama Nabi di surga nanti.

Lalu Nabi pun berkata: “Bantulah aku untuk mewujudkan keinginanmu dengan banyak melakukan sujud (memperbanyak sholat sunnah),”.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement