Kamis 26 Jan 2023 06:15 WIB

Nama-Nama dan Keistimewaan Bulan Rajab

Bulan Rajab memiliki 18 nama.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Nama-Nama dan Keistimewaan Bulan Rajab
Foto: (AP Photo/Mukhtar Khan)
Nama-Nama dan Keistimewaan Bulan Rajab

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak hadits yang melaporkan tentang nilai dan keutamaan bulan Rajab, namun demikian hadisnya dinilai lemah (dhaif) bahkan cenderung hadis yang dibuat-buat.

Dilansir di About Islam, Rabu (25/1/2023), anggota Komisi Fatwa Al Azhar Syekh Atiyyah Saqr menjelaskan, meski banyak hadis dhaif berkenaan dengan bulan Rajab, namun perlu diingat banyak peristiwa penting dalam sejarah Islam yang terjadi pada bulan Rajab ini.

Baca Juga

Seperti Isra dan Miraj menurut beberapa pandangan, Perang Tabuk, dan pembebasan Masjid Al-Aqsha dari tentara salib di tangan Salahuddin Al-Ayyubi. Umat ​​Islam harus mengingat kembali kemenangan-kemenangan besar ini dan mengambil pelajaran darinya.

Hadits tentang bulan Rajab

 

Ada beberapa bulan dan juga beberapa tempat yang memiliki nilai lebih di sisi Allah SWT daripada yang lain. Tetapi keutamaan suatu tempat atau waktu tertentu dalam Islam ditetapkan hanya melalui bukti-bukti otentik.

Oleh karena itu, dalam mengutip hadits tertentu, seseorang harus memastikan keasliannya sehingga tidak ada hadits palsu yang merujuk Nabi Muhammad SAW. Al-Hafizh Ibn Hajar Al-Asqalani, seorang cendekiawan terkemuka, menulis sebuah penelitian terperinci berjudul Tabyeen Al-Ajab bima Warada fi Fadl Rajab.

Ibnu Hajar memasukkan dalam penelitian ini hampir semua hadits yang melaporkan tentang keutamaan bulan Rajab dan pahala yang disyaratkan dengan menjalankan puasa dan sholat wajib selama itu. Dia mengklasifikasikan hadits-hadits ini menjadi yang lemah atau dibuat-buat.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement