Rabu 11 Jan 2023 02:10 WIB

Lima Tips yang Bisa Dilakukan Agar tidak Lalai kepada Allah

Allah menciptakan makhluk untuk beribadah kepada-Nya.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Lima Tips yang Bisa Dilakukan Agar tidak Lalai kepada Allah
Foto: AP/Matthias Schrader
Lima Tips yang Bisa Dilakukan Agar tidak Lalai kepada Allah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Allah menciptakan manusia dan semua yang ada di alam semesta ini dengan tujuan dan Allah SWT tidak menciptakan sesuatu dengan sia-sia, sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Mu'minun, Al- Anbiyaa, dan Az-Zariyat.

“Lalu apakah kamu mengira bahwa Kami telah menciptakan kamu dengan sia-sia dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada kepada Kami ?” (QS. Al- Muminun ayat 115)

Baca Juga

“Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan segala yang ada di antara keduanya secara main-main.” (QS Al-Anbiya ayat 16) 

Selanjutnya, Allah menyatakan alasan sebenarnya penciptaan umat manusia dalam firman-Nya “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku”. (QS Az-Zariyat ayat 56)

 

Meskipun Allah telah memberitahukan tujuan penciptaan makhluk-makhluk-Nya di bumi, tetapi kehidupan duniawi terkadang mengalihkan makhluknya dari Allah. Sehingga kita harus memiliki hal yang bisa membuat kita fokus untuk selalu mengingat-Nya dan membawa kita kembali ke jalan yang benar.

Dilansir dari About Islam, Selasa (10/1/2023), beberapa tips bermanfaat yang akan melindungi Anda dari lalai terhadap Allah, tetapi pertama-tama Anda harus tahu siapa orang-orang lalai itu. Orang-orang yang lalai dibagi menjadi dua kelompok

Pertama, termasuk orang-orang yang tidak beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, Hari kiamat dan Iman kepada qadha dan qadar. Kedua, orang-orang yang beriman kepada Allah, tetapi kenikmatan dunia yang sementara mengalihkan mereka dari mengingat Allah dan mengalihkan mereka dari mempersiapkan diri untuk bekal di akhirat.

Berikut ini lima tips agar tidak lalai kepada Allah

Pertama, selalu mengerjakan sholat wajib tepat waktu, Allah berfirman, "Peliharalah semua shalat dan shalat wustha dan laksanakanlah (shalat) karena Allah dengan khusyu."  (QS Al-Baqarah ayat 238).

Kedua, teruslah mengulang-ulang doa dzikir di pagi dan sore hari seperti yang biasa dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dan meminta kita melakukannya juga. Abu Hurairah mengatakan Nabi SAW biasa mengatakan di pagi hari: “Ya Allah! Dengan Kekuatan-Mu kami datang di pagi hari, dengan Kekuatan-Mu kami datang di malam hari, dengan Kekuatan-Mu kami hidup, dan kami mati, dan kepada-Mu kami akan kembali.”

Di malam hari dia akan berkata: “Ya Allah! Dengan Kekuatan-Mu kami telah sampai pada malam hari, oleh-Mu kami hidup, oleh-Mu kami mati, dan kepada-Mu kami kembali.”

Tiga, teruslah membaca setidaknya 10 ayat Alquran setiap malam. Diriwayatkan Abdullah bin Amr bin al-'As: Nabi (SAW) mengatakan, “Barangsiapa yang shalat malam dengan rutin membaca sepuluh ayat, maka ia tidak akan tercatat di antara orang-orang yang lalai.”

Keempat, selalu bersyukur kepada Allah atas nikmat-Nya yang tak terhitung. Allah berfirman: “Ingatlah kamu kepada-Ku niscaya aku ingat (pula) kepadamu dan bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu mengingkari (nikmat-Ku).” (QS. Al- Baqarah 152)

Abu Hurairah berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Sering-seringlah mengingat penghancur kesenangan, yaitu kematian.”

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement